DetikNews
Senin 13 November 2017, 11:25 WIB

Sandiaga Sebut Sistem BPKB Online Bisa Tingkatkan Pendapatan Daerah

Mochammad Zhacky Kusumo - detikNews
Sandiaga Sebut Sistem BPKB Online Bisa Tingkatkan Pendapatan Daerah Foto: Mochammad Zhacky Kusumo/detikcom
Jakarta - Polri baru saja meluncurkan sebuah sistem berbasis IT terkait pelayanan BPKB, yakni Integrated BPKB System. Sistem ini diharapkan bisa meningkatkan pendapatan daerah.

Ditlantas Polda Metro Jaya menjadi pihak pertama yang mengoperasikan sistem tersebut. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno optimis Integrated BPKB System memberikan dampak positif. Salah satu aspek yang diuntungkan yakni pendataan kepemilikan kendaraan bermotor.

"Yakin dengan digitalisasi, dengan kemampuan kita, tingkat pendataannya akan lebih baik. Yang terpenting adalah tingkat kepatuhan. Kita harapkan dengan digitalisasi nggak bisa lari lagi karena datanya sudah dikunci oleh Pak Edison dari Dukcapil," ujar Sandiaga di Gedung Ditlantas Polda Metro Jaya, Jl Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Senin (13/11/2017).

Sandiaga juga menyakini Integrated BPKB System, bisa meningkatkan kepatuhan pembayaran pajak. Pasalnya, sistem ini sudah terintegrasi dengan NIK sehingga data kepemilikan kendaraan mudah diketahui.

"Jadi bukan NIK-nya saja, tetapi digabungkan dengan Kartu Keluarga. Jadi, ini kan by address, bisa ketahuan satu rumah itu berapa mobil," jelas dia.

"Sekarang, dengan adanya database yang kuat dan integrasinya dengan BPRD (Badan Pajak dan Retribusi Daerah), kita yakin ke depan semakin akan lebih baik," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Wakapolri Komjen Syafruddin meresmikan pengoperasian Integrated BPKB System. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sistem ini akan memberikan kemudahan dan menekan peluang korupsi.

"Polri selalu memberikan sesuatu yang baru. Di mana selama ini BPKB menjadi komoditi yang penuh konotasi," kata Budi Karya saat peresmian Integrated BPKB System, di Polda Metro Jaya.
(jor/jor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed