DetikNews
Senin 13 November 2017, 09:53 WIB

Bertemu Tokoh Bukit Duri, Sandi Dukung Forum Sosial Urban Jakarta

- detikNews
Bertemu Tokoh Bukit Duri, Sandi Dukung Forum Sosial Urban Jakarta Sandyawan Sumardi bertemu Sandiaga Uno (Foto: Marlinda/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menerima kedatangan Ketua Komunitas Ciliwung Merdeka, Sandyawan Sumardi. Kedatangan Sandyawan ke Balai Kota tersebut untuk meminta dukungan Pemprov DKI terhadap acara Forum Sosial Urban Jakarta yang akan digelar pada Februari 2018.

"Hari ini kedatangan Sandi kuadrat. Sandy dan Sandi. Romo Sandy ingin menyiapkan acara di bulan Februari. Gerak Jakarta untuk Perubahan, Forum Sosial Urban Jakarta," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2017).

Sandi menjelaskan, sudah menjadi komitmen Pemprov DKI untuk melakukan penataan dan melibatkan warga dalam partisipasi kolaboratif. Tujuannya untuk memberdayakan warga yang aktif di lingkungan masyarakat.

"Ini sudah digodok lama sekali semenjak awal 2016 di Bukit Duri. Dan ini sekarang sedang menjadi movement, sebuah gerakan di 200 lebih RW di wilayah Jakarta yang kumiskupat, kumuh miskin dan kumuh padat. Jadi kita akan berdayakan justru dengan teman-teman yang aktif di lingkungan masyarakat," tutur Sandi.

Di kesempatan yang sama, Sandyawan menjelaskan Forum Sosial Urban ini merupakan kolaborasi masyarakat sipil Jakarta dengan Pemprov DKI. Rencananya acara yang akan bekerja sama dengan para akademisi dan praktisi perkotaan ini akan dihadiri 3.000 warga.

"Jadi forum sosial urban Jakarta akan diselenggarakan 17-18 Februari 2018 dan ini adalah aksentuasi dari ikhtiar bersama, kolaborasi antara masyarakat sipil Jakarta dengan pihak Pemprov DKI. Jumlah yang akan hadir sekitar 3 ribu warga, dari warga miskin kota, nelayan, buruh. Kami bekerja sama juga dengan para akademisi dan praktisi perkotaan," tutur tokoh di Bikit Duri ini.

Dalam acara tersebut, rencananya akan digelar pameran permukiman dan tata ruang, diskusi publik, pameran seni budaya, festival ekonomi dan koperasi, serta festival narasi atau penulisan.

Atas gelaran tersebut, Sandi mengaku akan memberikan dukungannya. Menurutnya, hal itu merupakan langkah positif bahwa warga ingin menata dirinya sendiri.

"Tentu kita akan mendukung dan merupakan suatu langkah yang positif bahwa warga ingin menata dirinya sendiri, mengundang bukan hanya akademisi tapi juga mengundang pemerintah juga. Jadi kita ingin ikut dialog disini dan dari dunia usaha," ujar Sandyawan.
(Marlinda Oktavia Erwanti/jor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed