Jupiter-Venus Bisa Dilihat Pakai Mata Telanjang di AS Pagi Ini

Ibnu Hariyanto - detikNews
Senin, 13 Nov 2017 03:51 WIB
ilustrasi planet/Foto: news.com.au/Supplied
Jakarta - Planet Jupiter dan Venus akan bertemu (konjungsi) pada hari Senin ini. Pertemuan kedua planet tersebut bisa dilihat dengan mata telanjang. Sayangnya, kedua planet ini bisa dilihat dengan mata telanjang hanya di AS dan Inggris saja.

Seperti dilansir dari BBC, Senin (13/11/2017). Pertemuan tersebut bisa disaksikan Senin pagi sebelum matahari terbit. Kedua planet akan muncul bersamaan di tenggara dan akan tampak seperti satu bintang terang.

Pertemuan kedua planet akan terlihat paling jelas oleh masyarakat yang berada di garis lintang tengah utara di seluruh dunia. Salah satunya termasuk Inggris dan utara AS.

Bagi masyarakat Inggris, waktu terbaik untuk melihat pertemuan kedua planet tersebut yakni 40 menit sebelum matahari terbit atau sekitar pukul 05.56 waktu setempat.

Lalu bagi masyarakat Los Angeles, AS, Jupiter dan Venus dijadwalkan terbit pada pukul 05.18 pagi waktu setempat. Sementara untuk New York, kedua planet itu bisa terlihat sekitar pukul 06.24 waktu setempat.

Bagi yang ingin melihat, tatapan mata harus memiliki pandangan yang tidak terputus ke arah tenggara. Sebab pertemuan kedua planet akan sangat rendah terlihat di langit. (ibh/rvk)