DetikNews
Sabtu 11 November 2017, 20:18 WIB

Mako Brimob Usai Rusuh Tahanan, Polri: Tak Ada Penjagaan Ekstra

Audrey Santoso - detikNews
Mako Brimob Usai Rusuh Tahanan, Polri: Tak Ada Penjagaan Ekstra Foto: Mochammad Zhacky Kusumo/detikcom
FOKUS BERITA: Rusuh di Mako Brimob
Jakarta - Setelah sekelompok tahanan teroris rusuh, situasi di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat disebut telah kondusif. Polisi mengatakan tak ada pengamanan ekstra saat ini terkait kerusuhan di blok tahanan teroris.

"Nggak ada penjagaan ekstra, biasa-biasa saja," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul saat dihubungi detikcom, Sabtu (11/11/2017).

Martinus mengatakan, Senin (13/11) besok pihak rutan Mako Brimob akan melakukan perbaikan kaca-kaca di blok tahanan yang pecah akibat amukan para tahanan. Martinus mengatakan tahanan yang mengamuk kemarin adalah tahanan yang belum divonis oleh pengadilan.

"Besok Senin kaca-kaca yang rusak akan diperbaiki. Itu tahanan-tahanan terorisme yang belum ke persidangan," ujar Martinus.

Martinus menerangkan peristiwa rusuh kemarin dilatarbelakangi ketidakpuasan para tahanan saat ponsel mereka diamankan petugas jaga rutan. Padahal, tambah Martinus, sudah aturannya tahanan tak boleh membawa alat komunikasi di dalam penjara.

"Hanya secara psikologis mereka tidak puas karena alat komunikasi mereka diambil. Sudah SOP-nya alat komunikasi tidak ada di situ," jelas Martinus.

Ditanyai ada atau tidak penjagaan khusus untuk sel Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), terkait rusuhnya rutan, Martinus mengujarkan kedua hal tersebut tak memiliki korelasi.

"Tidak ada kaitannya sama Pak Ahok," ucap Martinus.
(aud/dkp)
FOKUS BERITA: Rusuh di Mako Brimob
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed