DetikNews
Sabtu 11 November 2017, 20:03 WIB

Cara Jadi Pahlawan Zaman Now: Bertindak Terpuji

Muhammad Idris - detikNews
Cara Jadi Pahlawan Zaman Now: Bertindak Terpuji Foto: Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Netty Prasetiyani Heryawan, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat (Dok. Pemprov Jabar)
Bandung - Setiap orang punya versi masing-masing bagaimana cara terbaik memperingati Hari Pahlawan. Meski semangatnya sama, yang paling penting tentunya memaknai gugurnya para pahlawan bertepatan saat pertempuran Surabaya itu dengan tidak terbatas waktu.

Nilai-nilai kepahlawanan, harus ada setiap waktu, bukan saat hari peringatan saja.

"Mari kita tanamkan jiwa kepahlawanan pada diri masing masing. Di antaranya kesediaan membantu sesama manusia," kata Netty Prasetiyani Heryawan, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/11/2017).

Menurut Netty, peringatan Hari Pahlawan memang tidak lepas dari kisah pengorbanan para pahlawan yang rela menyetor nyawa untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Oleh karena itu, pada masa sekarang, generasi penerus, lebih akrab disebut generasi zaman now ini, harus bisa membesarkan negara dengan cara-cara positif.

"Bagi saya, tindakan pahlawan sekarang adalah membuat tindakan terpuji, dan menginspirasi orang lain untuk berbuat yang sama. Juga menyebarluaskan kebaikan secara luas untuk masyarakat. Dikenang ataupun tidak, kita tetap melakukan kebaikan. Itulah kepahlawanan zaman now," ungkap Netty.

Lanjut dia, semangat Hari Pahlawan bisa dilakukan dengan banyak sesuai kekinian zaman saat ini. Netty punya catatan khusus terkait syarat utama segala aktivitas selaras dengan semangat kepahlawanan, yakni segala hal yang bisa memunculkan sesuatu yang positif.

"Tengoklah para pahlawan kita dahulu, mereka berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara pada saat itu, tanpa ada keinginan untuk dikenang. Raden Dewi Sartika, berjuang untuk memberikan pendidikan pada kaum wanita saat itu tanpa ada keinginan untuk dikenang. Pokoknya berbuat yang terbaik untuk masyarakat. Sekarang pun, kita bisa mencontoh mereka sehingga akan muncul pahlawan-pahlawan zaman now," terangnya.

Dengan demikian, lanjutnya, pada momentum Hari Pahlawan yang setiap tahunnya diperingati oleh seluruh bangsa Indonesia, harus ditanamkan semangat rela berkorban dalam jiwa generasi penerus. Semangat rela berkorban itu akan bisa menumbuhkan suatu kebanggaan terhadap para pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raga merebut kemerdekaan.

Netty mengimbau, generasi muda bisa bersama-sama mengisi kemerdekaan lewat ilmu pengetahuan, maupun dengan prestasi olah raga. "Dengan semangat membesarkan nama bangsa, akan muncul sikap menjaga persatuan dan kesatuan serta toleransi," pungkas Netty.



(idr/nwy)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed