DetikNews
Sabtu 11 November 2017, 14:51 WIB

Veteran Ini Peluk Ganjar dan Sampaikan Harapannya

Niken Widya Yunita - detikNews
Veteran Ini Peluk Ganjar dan Sampaikan Harapannya Foto: Seorang Veteran bernama Soemar Memeluk Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Jakarta - Seorang veteran (83) bernama Soemar memeluk Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Dia juga menyampaikan harapannya pada Ganjar.

"Njenengan Gubernur, njenengan pak Ganjar? Lanjut yo Pak, ojo mandeg. (Anda Gubernur?, Anda pak Ganjar? Lanjut lagi ya Pak, jangan berhenti," ujar Soemar dalam keterangan tertulis dari Pemprov Jateng, Sabtu (11/11/2017). Soemar mengatakan itu sambil memeluk Ganjar.

Peristiwa itu terjadi saat Ganjar membantu Soemar yang kesulitan berdiri menuju kursi roda barunya. Tepat di Hari Pahlawan, Jumat (10/11/2017), Ganjar berkesempatan memberikan bantuan sejumlah kursi roda pada veteran dan anak berkebutuhan khusus. Bantuan diberikan usai digelar upacara di halaman Kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan Semarang.

Saat Soemar hendak berdiri dan tampak kesulitan, dengan sigap Ganjar langsung merangkul dan memapah sang mantan pejuang itu menuju kursi rodanya. Sembari memeluk Ganjar, Soemar menanyakan apakah yang merangkulnya itu adalah sang gubernur. Sebab Soemar mengaku jika penglihatannya saat ini sudah mulai kabur, sehingga tak tahu persis siapa yang dihadapannya.

Mendengar pernyataan salah satu veteran itu, politikus PDI Perjuangan ini justru tersenyum lebar. Sembari duduk bersimpuh, Ganjar menjawab pertanyaan Soemar. "Iya saya Ganjar Pak, kok mboten oleh mandeg ki pripun? (Kok tidak boleh berhenti itu bagaimana?)," tanya Ganjar.

Soemar pun seketika langsung menjawab agar Ganjar tetap melanjutkan memimpin Jawa Tengah. Tak hanya sekali, ucapan itu bahkan ia sampailan berulang. Ganjar pun kemudian tersenyum dan mencium tangan Soemar.

Ditemui usai pemberian bantuan, Soemar mengatakan ia memang sangat berharap Ganjar kembali menjadi Gubernur Jateng. Alasannya menurutnya Ganjar sangat sederhana. Kesederhanaan Ganjar itu yang diidamkan banyak masyarakat Jateng.

"Pak Ganjar itu pemimpin yang mengayomi semua rakyatnya, semua kalangan. Jadi saya meminta untuk terus lanjutkan memimpin," ujarnya.

Selain itu menurutnya, selama kepemimpinan Ganjar sejak 2013 sudah baik sehingga perlu dilanjutkan ke periode berikutnya. "Mudah-mudahan bisa awet dalam memimpin Jawa Tengah dan memberikan kesejahteraan bagi rakyat Jateng khususnya dan umumnya Indonesia," tutur Soemar.

Pada pertemuan itu, Ganjar juga tampak akrab dengan semua veteran. Satu persatu disalaminya dan diajak meneriakkan kata Merdeka! Senyum dan tawa para veteran di Hari Pahlawan itu tampak meneduhkan.

Sejumlah kursi roda diberikan pada para veteran karena usia mereka yang sudah lanjut sehingga membutuhkan alat bantu itu. Salah satu veteran penerima bantuan, Marjanto (82) menyampaikan rasa bahagianya mendapatkan kursi roda tepat di Hari Pahlawan.

Selama ini, veteran yang pernah berjuang di berbagai wilayah Indonesia, Timor Timur, dan bahkan Timur Tengah itu mengaku kesulitan berjalan karena faktor usia. "Senang sekali dapat bantuan kursi roda, jadi bisa ke mana-mana dengan lancar," kata Marjanto sambil tersenyum.
(nwy/ega)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed