Massa Buruh Bubar Setelah Kapolres Memberi Peringatan 4 Kali

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Jumat, 10 Nov 2017 20:20 WIB
Kapolres Jakpus mengimbau massa yang berkumpul di depan parkiran IRTI untuk membubarkan diri. (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Kapolres Jakpus mengimbau massa yang berkumpul di depan parkiran IRTI untuk membubarkan diri. (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Massa buruh membubarkan diri. Mereka yang sempat bertahan di depan parkiran IRTI akhirnya membubarkan diri setelah polisi memberikan imbauan sebanyak 4 kali.

"Katanya habis salat magrib mereka bubar, tapi ternyata nggak bubar, malah ke sini, nah saya tutup. Saya sekat dan saya imbau 2 kali tadi. Kalau mereka nggak bubar, ya saya bubar paksa. Tapi dia mau pulang," kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Suyudi Ario Seto di depan parkiran IRTI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

[Gambas:Video 20detik]

Awalnya massa masih bertahan di depan parkiran IRTI dan membuat kemacetan di Jl Medan Merdeka Selatan hingga pukul 19.32 WIB. Suyudi memberikan peringatan keras sebanyak 4 kali agar massa buruh meninggalkan lokasi dengan tertib.

Kendaraan sudah dapat melintas di Jalan Medan Merdeka Selatan, lalin lancar di kedua arahKendaraan sudah dapat melintas di Jalan Medan Merdeka Selatan, lalin lancar di kedua arah. (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)

"Perhatian-perhatian, atas nama UU, saya Kapolres Jakarta Pusat menyampaikan kepada buruh karena waktu penyampaian pendapat di muka umum sudah selesai. Saya minta atas perintah UU untuk segera kembali secara tertib," kata Suyudi di atas mobil antihuru-hara dan ucapan tersebut diulang sebanyak 4 kali.


Mendengar peringatan keras dari pihak kepolisian, massa buruh bergerak mundur meninggalkan lokasi. Hingga pukul 20.05 WIB, massa dan polisi sudah bubar meninggalkan lokasi parkir IRTI.

Lalu lintas di Jl Medan Merdeka Selatan sudah dapat dilintasi kendaraan di kedua arah. Kondisi lalu lintas terpantau lancar di kedua arah. (jbr/jbr)