DetikNews
Jumat 10 November 2017, 10:55 WIB

Kirab Pemuda Napak Tilas Kebinekaan di Negeri Serumpun Sebalai

Mega Putra Ratya - detikNews
Kirab Pemuda Napak Tilas Kebinekaan di Negeri Serumpun Sebalai Foto: Dok Kemenpora
Pangkalpinang - Pangkalpinang menjadi titik singgah ke 13 dari rangkaian perjalanan napak tilas kebinekaan mengelilingi Nusantara. Meski menempuh jarak ribuan kilometer dari satu titik singgah ke titik singgah berikutnya, wajah-wajah para peserta Kirab Pemuda 2017 terlihat penuh semangat.

Kapal yang membawa rombongan peserta Kirab Pemuda 2017 merapat di Pelabuhan Muntok, Rabu Malam (8/11). Peserta Kirab Pemuda yang berjumlah 36 orang ini masih harus menempuh perjalanan darat kurang lebih 2 jam untuk tiba di Kota Pangkalpinang, ibukota Provinsi Bangka Belitung.

"Selamat datang di Negeri Serumpun Sebalai, ini adalah bumi di mana beragam suku dan perbedaan latar belakang bisa hidup rukun berdampingan," ujar Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah yang menyambut kedatangan mereka seperti dikutip dalam keterangan tertulis dari Kemenpora, Jumat (10/11/2017).

Abdul menyebut sejumlah sisi menarik provinsi ini adalah memiliki wilayah laut lebih luas dari daratannya. Mulai dari Bukit Manumbing yang pernah menjadi tempat pengasingan Bung Karno, Pulau Lengkuas, dan sejumlah lokasi wisata bahari lainnya.

"Daerah kami ini terdiri dari pulau pulau kecil dengan dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Oleh karenanya wisata bahari di dua lokasi ini jangan sampai dilewatkan," ucapnya berpromosi.

Ia juga menyambut baik program Kirab Pemuda ini karena bisa mengenalkan potensi daerah kepada perwakilan pemuda dari seluruh Indonesia.

"Saya senang dengan kehadiran adik-adik sekalian semoga merasa nyaman berada di sini," ucapnya lagi.

Sementara itu Ari Firdaus, perwakilan peserta Kirab yang didaulat mewakili peserta menyampaikan rasa bangga memperoleh kesempatan mengenal daerah-daerah di Indonesia melalui program Kirab Pemuda 2017 ini.

"Kami mungkin bukan yang terbaik. Tapi kami yakin kami adalah pemuda yang beruntung bisa memperoleh kesempatan mengelilingi Indonesia," ucap Ari yang merupakan perwakilan dari provinsi Bangka Belitung.

Selama tiga hari ke depan, peserta kirab akan mengunjungi sejumlah tempat yang di Pulau Bangka Belitung, dan melakukan sejumlah kegiatan inti kirab seperti Pawai Budaya, Bakti Sosial, Pemuda Membaca Kitab Suci, Festival Film dan Musik Pemuda yang melibatkan masyarakat lokal, dan komunitas pemuda setempat.

Kirab Pemuda 2017 akan mengakhiri perjalanannya di kota Blitar, Jawa Timur dan puncak kegiatannya akan dilaksanakan pada 8 Desember mendatang.
(ega/nwy)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed