DetikNews
Kamis 09 November 2017, 12:52 WIB

Luhut Sebut Pernikahan Putri Jokowi Sangat Sederhana, Ini Alasannya

Herianto Batubara - detikNews
Luhut Sebut Pernikahan Putri Jokowi Sangat Sederhana, Ini Alasannya Menteri Kabinet Kerja berfoto di pernikahan Kahiyang-Bobby (Foto: Twitter Pramono Anung)
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Solo - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pesta pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, dan Bobby Nasution sangatlah sederhana. Dia pun memberi penjelasan soal ini.

Luhut mengatakan banyak acara pernikahan anak orang terpandang maupun anak presiden yang pernah dia hadiri. Dari situ dia menilai, pesta pernikahan Kahiyang-Bobby tidaklah mewah.

"Pesta mereka jauh lebih extravaganza dibanding pernikahan Kahiyang-Bobby yang saya hadiri beberapa hari terakhir di Solo," ujar Luhut lewat akun Facebook resminya seperti dilihat detikcom, Kamis (9/11/2017).


Acara mantu Presiden Jokowi kali ini, menurutnya, lebih cocok disebut sebagai pesta rakyat. Alasannya, banyak sekali yang hadir, mulai tukang becak, pejabat negara, sampai orang terkenal di Indonesia. Resepsinya sendiri dihadiri 8.410 relawan.

"Sampai-sampai panitia terpaksa meminta selebihnya pulang ke rumah, yang memang asalnya dari sekitar gedung acara saja. Kalau tidak dibatasi, relawan yang hadir akan lebih banyak lagi. 'Dua kali!' begitulah spirit mereka waktu kami berdialog, mendukung Jokowi untuk melanjutkan pemerintahannya sampai 2 periode," jelasnya.

Luhut juga bicara soal Presiden Jokowi yang tidak mau menikahkan anaknya di Istana Negara. Menurutnya, bisa saja jika Jokowi mau, namun itu tidak dilakukan.

"Saya lihat Jokowi memang menginginkan kesederhanaan dan kedekatan dengan masyarakat," ujarnya.

Luhut menegaskan tak sepakat jika ada yang menyebut pernikahan Kahiyang dan Bobby ini mewah. Dia juga bersyukur acara itu terlaksana dengan baik, mulai akad hingga resepsi.

"Semua serbasederhana, saya lihat dari undangannya, gedung, baju pengantin, dan makanannya. Meski warnanya sederhana, acara tertata dengan rapi, kesakralan prosesinya pun tidak hilang. Foto bersama yang saya upload ini juga menunjukkan kesederhanaan dan kebersamaan kami. Ini adalah contoh bahwa pernikahan tidak perlu dilaksanakan dengan bermewah-mewah," katanya.
Menteri Kabinet Kerja foto sambil duduk di pelaminan di resepsi Kahiyang-Bobby Menteri Kabinet Kerja foto sambil duduk di pelaminan di resepsi Kahiyang-Bobby. (Foto: Twitter Pramono Anung)

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah adalah salah satu yang vokal mengkritisi pernikahan putri Presiden Jokowi ini. Fahri mengaitkan pesta pernikahan Kahiyang dan Bobby yang mengundang 8.000 nama dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2014 tentang Gaya Hidup Sederhana.


"Dulu katanya nggak boleh ngundang pejabat lebih dari 400. Ada katanya dulu revolusi mental, bikin pesta kecil-kecilan saja. Kalau sekarang itu kayak lebih, gitu lo," kata Fahri, Selasa (7/11).

"Saya mohon maaf ya, saya bukan tidak menghormati adat dan budaya, tapi menurut saya mbok ya sederhana sajalah. Sederhanalah, bikin pesta kecil di rumah, (undang) teman-teman. Sekarang kan ada Twitter, ada vlog, pakai itu sajalah. 'Anak gua lagi kawin, nih,'" sambungnya.


(hri/imk)
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed