DetikNews
Kamis 09 November 2017, 02:47 WIB

Gubernur Ganjar Ajak Warganet Doakan Banjarnegara

Elza Astari Retaduari - detikNews
Gubernur Ganjar Ajak Warganet Doakan Banjarnegara Ganjar Pranowo (Robby Bernardi/detikcom)
Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak warganet mendoakan korban tumbangya pohon beringin di Alun-alun Banjarnegara. Dia menyerukan ajakan itu lewat akun Instagram miliknya.

Seruan Ganjar disampaikan melalui posting-an sebuah tulisan. Dalam gambar itu tertulis kalimat '#DOAUNTUKBANJARNEGARA' dan mengajak warganet membaca surat Al-Fatihah.

"Mari sedulur semua kita sejenak menundukan kepala untuk saudara kita di Banjarnegara," demikian caption Ganjar pada posting-annya di akun Instagram milik dia, @ganjarpranowo, seperti dilihat detikcom, Kamis (9/11/2017) pukul 03.35 WIB.

Pada posting-an tersebut, Ganjar juga menjelaskan sudah berkoordinasi dengan BPBD setempat terkait bencana itu. Dia juga mengaku mendapat banyak laporan dari masyarakat melalui media sosial.

"Saya turut berduka atas korban meninggal dunia. Semoga husnul khatimah. Kepada mereka yang sakit segera mendapatkan perawatan dan semoga lekas sembuh," terang Ganjar.

"Selanjutnya pemda segera berikan bantuan kepada para korban... @bpbdjateng," imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pohon beringin tua di Alun-alun Banjarnegara tumbang dan menyebabkan satu orang tewas serta 6 lainnya terluka. Pohon beringin tumbang saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang pada Rabu (7/11) siang.

Gubernur Ganjar Ajak Warganet Doakan BanjarnegaraFoto: Dok. Instagram Ganjar Pranowo

Pohon tumbang dan menimpa warga yang tengah berteduh di bawahnya. Saat peristiwa terjadi, tengah berlangsung pertandingan bola voli untuk memperingati HUT PGRI. Korban pohon tumbang sebagian besar adalah pemain voli.

Hujan deras disertai angin kencang di Banjarnegara tak hanya menyebabkan pohon beringin di alun-alun tumbang. Ada 7 titik pohon tumbang dan atap rumah warga yang rusak.

Selain pohon beringin di Alun-alun Banjarnegara, pohon beringin di perempatan SMPN 1 Banjarnegara patah. Akibatnya, dahan pohon beringin tersebut menimpa pedagang yang berada di bawah pohon tersebut.

"Ada satu penjual pempek dan mengalami luka-luka," kata Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara Arief Rahman, Rabu (8/11).

Selain menyebabkan korban jiwa, hujan disertai angin itu merusak sekolah, rumah warga, hingga dua kendaraan roda empat. Ada mobil yang rusak akibat tertimpa pohon.

Tidak hanya itu, gedung SDN 4 Krandegan juga tertimpa pohon beringin dan baliho yang roboh. Selain itu, ada tiga baliho yang roboh akibat hujan deras tersebut. Selain pohon dan baliho, atap rumah warga di perumahan Gayam dan warga di Desa Ampelsari beterbangan.


(elz/yld)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed