Diminta JK, RS Premier Tolak Buka Rekam Medis Tanpa Izin Novanto

Ibnu Hariyanto - detikNews
Rabu, 08 Nov 2017 15:53 WIB
Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Jakarta - RS Premier Jatinegara menolak permintaan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membuka rekam medis Setya Novanto. Pihak dokter membutuhkan izin Novanto sebagai pasien untuk memenuhi permintaan JK.

"Kami dari pihak RS Premier dan tim medis lainnya belum dapat membuka rahasia itu bilamana tidak ada persetujuan dari pasien. Kita tak boleh membuka rahasia medis pasien kepada publik tanpa sepengetahuan pasien itu sendiri," kata Kepala Humas RS Premier Jatinegara Sukendar kepada wartawan di RS Premier Jatinegara, Rabu (8/11/2017).

 Kepala Humas RS Premier Jatinegara, Sukendar Kepala Humas RS Premier Jatinegara Sukendar (Ibnu Hariyanto/detikcom)

Permintaan membuka rekam medis, menurut Sukendar, bisa saja diajukan melalui surat ke pihak RS. Namun pihak RS tetap menyerahkan penjelasan mengenai rekam medis kepada tim dokter.



"Kami bisa membuka (rekam medis) tatkala dari penegak hukum, misal dalam proses pengadilan atau apa, mungkin kami akan berusaha mengikuti alur tersebut," ujar Sukendar.

Novanto sempat dirawat di RS Premier dan menjalani operasi pemasangan ring di jantungnya. Pemasangan ring dilakukan karena penyempitan fungsi pada jantungnya.

Setelah menjalani operasi, Novanto dirawat di Intensive Cardiology Care Unit (ICCU) dan keluar dari RS pada Senin, 2 Oktober. (fdn/tor)