DetikNews
Rabu 08 November 2017, 11:06 WIB

Kahiyang dan Bobby Jalani Panggih, Saling Lempar Gantal

Ray Jordan - detikNews
Kahiyang dan Bobby Jalani Panggih, Saling Lempar Gantal Kahiyang menjalani panggih (Foto: dok. CNN Indonesia TV)
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Solo - Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dan suaminya Bobby Nasution menjalani prosesi adat panggih. Prosesi mulai dari balangan gantal hingga cuci kaki dijalankan.

Prosesi ini dijalankan Kahiyang dan Bobby seusai akad nikah di Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11/2017). Bobby dan Kahiyang berjalan berhadapan dari arah berlawanan.

Urutan pertama adalah balangan gantal (lempar gantal). Gantal seharusnya berisi buah pinang. Namun, karena sekarang ini susah mencari buah pinang, gantal itu akan diganti dengan bunga kantil yang dibungkus daun sirih dua buah yang uratnya bertemu. Kemudian benda itu diikat dengan benang putih.



Kahiyang dan Bobby saling melempar gantal. Makna Kahiyang melempar gantal adalah 'saya tetap setia', sementara makna Bobby melempar gantal adalah 'cinta saya di situ'.

Tahap berikutnya adalah Kahiyang membasuh kaki Bobby sebelum kemudian menginjak sebutir telur. Makna telur diinjak adalah putih dan merah menjadi satu. Itu sebagai lambang menyatunya suami-istri.

Setelah menginjak telur selesai dan kaki Bobby dibersihkan Kahiyang, kemudian kedua mempelai melakukan sidrap sindur. Jokowi mengalungkan kain sindur kepada kedua mempelai untuk membawanya ke pelaminan.

Jokowi berjalan pelan menuju pelaminan diikuti dengan Bobby dan Kahiyang di belakangnya. Iriana berjalan di belakang Kahiyang dan Bobby.

Saksikan Doa Netizen untuk #JokowiMantu di sini:

[Gambas:Video 20detik]

Tonton juga video lainnya di 20detik!


(imk/fjp)
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed