ADVERTISEMENT

Ini Lubang di Tanggul yang Bikin RT 03 Luar Batang Tergenang

Indra Komara Nugraha - detikNews
Selasa, 07 Nov 2017 19:39 WIB
Lubang sheet pile tanggul baru di Luar Batang, Penjaringan yang ditutup sementara oleh petugas, Selasa (7/11/2017) Foto: Indra Komara-detikcom
Jakarta - Genangan air laut karena bocornya tanggul di RT 03 RW 03 Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, sudah surut. Genangan muncul karena lubang tanggul baru

"Ini kan sheet pile (dinding penahan) ada bolongan buat dipegang dulu," kata Kepala Satuan Pelaksana Sudin SDA Kecamatan Penjaringan, Horas Yosua di lokasi, Selasa (7/11/2017).

Menurut Horas, bolongan pada tanggul baru bukan disengaja. Namun seharusnya lubang sheet pile tersebut harus ditutup setelah pemasangan.

Rembesan air dari tanggul baru masuk ke tanggul lama yang bocor karena pemasangan sheet pile tanggul baru. Retakan membuat rembesan air masuk ke rumah warga.

"Jadi ada yang retak," sebut Horas.

Sedangkan Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendrawan menyebutkan penyebab lain yang membuat air laut menggenangi rumah warga. Diduga ada orang yang memaku dinding tanggul untuk sandaran kapal.

"Ini dia bikin paku-pakuan di bawah (tanggul). Bikin tambatan kapal. Bolongnya nggak seberapa, tapi dalam setahun bisa tergerus kalau kena air," jelas Hendra.

(fdn/fdn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT