DetikNews
Selasa 07 November 2017, 18:33 WIB

Menko Darmin akan Antar Bobby Serahkan Paningset ke Rumah Jokowi

Muchus Budi R. - detikNews
Menko Darmin akan Antar Bobby Serahkan Paningset ke Rumah Jokowi Menko Perekonomian Darmin Nasution. (Ardan Adhi Chandra/detikcom)
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Solo - Malam ini, sesuai agenda, akan ada acara paningset dan penyerahan seserahan dari keluarga Bobby Nasution kepada keluarga Jokowi. Bobby akan ikut serta dalam acara tersebut. Salah satu tokoh yang akan ikut mengantar adalah Menko Perekonomian Darmin Nasution.

Paningset adalah acara dalam tradisi pernikahan Jawa yang dilakukan pada malam menjelang pelaksanaan akad nikah. Inti acara itu adalah memastikan kesiapan kedua mempelai sebelum resmi dipersatukan dalam ikatan suci pernikahan.

Rencananya, pasrah paningset dan seserahan akan dilakukan di kediaman pribadi Jokowi pada pukul 19.00 WIB. Selanjutnya akan dirangkai dengan penyerahan secara simbolis mahar perkawinan yang disampaikan oleh pihak keluarga Bobby kepada keluarga Jokowi.

"Paningset biasanya berupa pisang raja, kain, jarik, dan pakaian orang tua. Selain itu, ada pengiring paningset, seperti perhiasan, sepatu, sandal, pakaian, peralatan berdandan," kata Widadi, salah satu panitia, Selasa (7/11/2017).

Selain acara pasrah paningset, malam ini di kediaman juga ada acara midodareni. Salah satu mata acara penting pada midodareni adalah pada tengah malam dilakukan acara 'nebus kembar mayang', dua hiasan kembar yang diibaratkan sebagai bunga dari kayangan yang dipinjamkan untuk acara pernikahan.

"Nanti akan dilantunkan doa-doa yang dikemas dalam kekidungan (lagu Jawa) untuk meminta keselamatan semuanya," lanjut Widadi.
(mbr/bag)
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed