Sandiaga Perintahkan Tanggul Jebol di Luar Batang Ditanggulangi

Mochammad Zhacky - detikNews
Selasa, 07 Nov 2017 13:17 WIB
Sandiaga saat didampingi stafnya, Rustam Effendi. Foto: Muhammad Fida/detikcom
Jakarta - Suku Dinas Sumber Daya Air Penjaringan sejak pagi tadi mulai memperbaiki tanggul jebol di Luar Batang, Jakarta Utara. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, dirinya telah memerintahkan perbaikan tanggul itu.

"Kita sudah dapat laporan itu, ada tanggul bocor. Kami sudah langsung koordinasi, kebetulan Pak Rustam (bekas Wali Kota Jakarta Utara yang kini menjadi staf di Balai Kota, red), daerahnya waktu itu," kata Sandiaga saat dimintai konfirmasi soal penanggulangan tanggul di Luar Batang, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Selasa (7/11/2017).

"Saya sudah perintahkan penanggulangan. Sekarang kita bekerja sama memperbaiki dan menanggulangi tanggul," imbuhnya.

Menurut petugas Sudin di lokasi, ada sekitar 40 lubang berdiameter 10 cm di sepanjang tanggul Luar Batang tepatnya di RT 03/RW 03. Penanganan sementara, lubang tersebut disumpal dengan karung kosong.



Kemarin malam, Sandiaga mengatakan belum mendapat laporan terkait tanggul di Luar Batang yang jebol. Kata dia, soal tanggul jebol akan dikoordinasikan lebih dulu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Nah, mau cek sama Pak Gub pembagiannya, siapa yang mesti follow up ke BPBD," ujar Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta.

Tanggul di RT 03/ RW 03 Luar Batang jebol sekitar pukul 08.00 WIB, Senin (6/11). Karena jebol, permukiman warga di lokasi tergenang air dengan ketinggian 15-20 cm.

Meski sempat surut, genangan air kembali muncul pagi tadi dengan ketinggian 20 cm. Sudin Sumber Daya Air Penjaringan lantas menerjunkan beberapa petugas untuk memperbaiki tanggul tersebut. (bag/bag)