Kursi Rotan Sederhana untuk SBY hingga Boediono saat Jokowi Mantu

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 07 Nov 2017 11:10 WIB
Kursi rotan di gedung pernikahan Kahiyang (Foto: Danu Damarjati/detikcom)
Jakarta - Gedung Graha Saba Buana terus dipersiapkan untuk pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu. Di depan pelaminan telah dibariskan kursi-kursi untuk tamu Kahiyang-Bobby.

Di dalam Gedung yang berada di Jl Letjen Suprapto, Surakarta, Jawa tengah, Selasa (7/11/2017), terpantau kursi-kursi untuk tamu yang sebagian kecil telah diberi nama, termasuk nama Presiden dan Wakil Presiden terdahulu.

Kursi rotan di gedung pernikahan Kahiyang / Kursi rotan di gedung pernikahan Kahiyang / Foto: Danu Damarjati/detikcom


Bukan sofa empuk untuk para Presiden terdahulu, melainkan kursi jalinan rotan yang bersahaja. Ada nama Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ani Yudhoyono, Wakil Presiden ke-6 Boediono, hingga nama Karlina Wirahadikusumah, istri Wakil Presiden ke-4 RI Umar Wirahadikusumah.

Kursi untuk mereka berada di barisan kedua dari depan pelaminan. Kertas tanda nama itu belum tertempel.

Kursi Rotan Sederhana untuk SBY hingga Boediono saat Jokowi MantuFoto: Persiapan pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Gedung Graha Saba Buana, Surakarta. (Danu Damarjati-detikcom)

Di sisi kanan pelaminan, ada kursi rotan-kayu yang sama, untuk Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana, dan besannya, Ade Hanifah Siregar dan satu lagi kursi untuk 'perwakilan orang tua Mas Bobby'.

Di barisan kedua dari yang terdepan, disediakan kursi yang bertuliskan 'keluarga mantan VVIP'.

Keluarga mantan di sini tentu saja adalah keluarga mantan presiden dan wakil presiden. Kursi yang disediakan untuk mereka adalah kursi besi dengan jok empuk warna hijau.

Kursi Rotan Sederhana untuk SBY hingga Boediono saat Jokowi MantuFoto: Persiapan pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Gedung Graha Saba Buana, Surakarta. (Danu Damarjati-detikcom)

Interior gedung ini sedang dalam pengerjaan. Masih ada pekerja yang menaiki tangga menyempurnakan dekorasi, membersihkan karpet, dan menata kursi. Seperangkat gamelan sudah ditaruh di sisi kanan dari arah pelaminan.

Kepala Sekretariat Presiden tengah memantau persiapan di dalam gedung. Dia menyatakan SBY, Boediono, dan Megawati bakal hadir. "Pak Habibie (Bj Habibie) yang berhalangan hadir, karena kesehatan," kata Heru.

Tokoh-tokoh politik juga diundang. Misalnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. "Pak Prabowo (akan) hadir kayaknya," kata dia. (dnu/idh)