Ibu-ibu Tamu Siraman Kahiyang Dapat Bingkisan Alat Mandi

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 07 Nov 2017 10:34 WIB
Ibu-ibu tamu siraman Kahiyang bawa suvenir (Foto: Bayu Isnanto)
Solo - Para tamu yang menghadiri siraman Kahiyang Ayu mulai pulang dari kediaman Presiden Jokowi. Saat pulang, tamu membawa bingkisan.

Pantauan di lokasi, Jalan Kutai Utara, Sumber, Solo, Selasa (7/11/2017) pukul 10.25 WIB, tamu yang terdiri dari ibu-ibu keluar dari kediaman Jokowi dengan kebaya putih dengan selendang jumputan warna hijau. Mereka membawa bingkisan yang merupakan alat mandi dan kecantikan.

Teman pengajian Iriana Jokowi, Titik Hardono yang hadir dalam siraman menjelaskan gambaran suasana saat siraman. Prosesi siraman berlangsung sakral.

Isi bingkisan bagi yang menghadiri siraman KahiyangIsi bingkisan bagi yang menghadiri siraman Kahiyang Foto: Bayu Isnanto

"Mbak Ayang (panggilan Kahiyang) terlihat cahtik sekali. Awalnya pengajian, lalu pasang bleketepe, siraman, lalu dodol dawet. Sangat sakral dari prosesi pertama sampai akhir, lancar, sakral, bahagia," ujar Titik.

Ada dua jenis bingkisan. Yang pertama bersi handuk, sisir, serta shower cream dan body lotion. Ada pula bingkisan kedua yang berisi handuk, sisir, cermin, shower gel, body lotion, dan shower puff. Bingkisan yang kedua disebut khusus untuk yang memandikan Kahiyang.

Bingkisan khusus bagi yang memandikan Kahiyang.Bingkisan khusus bagi yang memandikan Kahiyang. (Foto: Bayu Isnanto)

Kahiyang selesai menjalani prosesi siraman di kediaman Jokowi. Siraman berlangsung sekitar 1,5 jam.

Seusai siraman, Jokowi menyalami tamu hadirin yang pulang dari kediamannya. Jokowi didampingi oleh sang istri, Iriana serta anak-anaknya, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep. (dkp/imk)