Begini Aksi Heroik Petugas Damkar Evakuasi Kucing dari Blower AC

Cici Marlina Rahayu - detikNews
Senin, 06 Nov 2017 14:02 WIB
Petugas Damkar evakuasi kucing di Kebon Sirih (Foto: Cici Marlina Rahayu/detikcom)
Jakarta - Petugas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat mengevakuasi seekor anak kucing yang terjebak di dalam blower AC di Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Kucing tersebut diduga jatuh ke dalam blower.

Pantauan detikcom di parkiran belakang Menara Multimedia, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (6/11/2017), sekitar pukul 13.38 WIB anak kucing tersebut berhasil dievakuasi. Dalam kondisi gemetar, anak kucing berwarna putih keabuan diambil oleh seorang petugas.

Sebelumnya, petugas pemadam tiba pukul 12.15 WIB di lokasi. Petugas dibantu dengan teknisi berupaya mengambil kucing menggunakan kardus yang diisi dengan umpan ikan cue.

Tak lama berselang, dilakukan pembukaan blower AC oleh teknisi. Satu jam kemudian, petugas Damkar berhasil membuka blower AC tersebut.

Seorang petugas Eko Supriyanto masuk ke lubang blower yang dalamnya sekitar 1,5 meter. Akhirnya anak kucing ini berhasil diangkat dan diamankan.

"Kami siapkan 8 personel. Ini evakuasi sekitar satu jam. Anak kucing yang kami evakuasi, tadi petugas kami Eko Supriyanto turun ke dalam lubang blower," kata Komandan Pleton Damkar Sektor Taman Ismail Marzuki Menteng, Sarmin saat ditemui.

Seorang saksi Tuti Irianti (47), memanggil pemadam kebakaran karena menduga anak kucing masuk lubang sejak Sabtu (4/11) lalu. Ia meminta bantuan Damkar karena tidak bisa mengambil anak kucing tersebut.

Petugas Damkar evakuasi kucing dari blower ACPetugas Damkar evakuasi kucing dari blower AC (Foto: Cici Marlina Rahayu/detikcom)

"Ada suara kucing, eh saya temuin, suruh buka sama teknisi jauh banget. Dari hari Sabtu, aku minta tolong ada tukang ojek kasih makan kucing. Kata tukang ojek anaknya cuma dua," jelas Tuti saat ditemui.

"Senin saya ke sini kucing cuma dua, kan emang ada 3 anak kucing ya. Terus ada suara anak kucing 'meong-meong'. Saya minta tolong sama teknisi, ada anak kucingnya, dikasih balok tapi nggak bisa. Terus telepon pemadam, itu dibukain akhirnya," sambungnya. (cim/dkp)