DetikNews
Senin 06 November 2017, 10:54 WIB

Pangarmabar: Cegah Kecelakaan, Kapal Penuh Jangan Dipaksakan

Indra Komara - detikNews
Pangarmabar: Cegah Kecelakaan, Kapal Penuh Jangan Dipaksakan Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia (Foto: Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia mengingatkan para kapten kapal penumpang untuk menjaga keselamatan penumpang. Salah satu pencegahan terjadinya kecelakaan yaitu dengan mengawasi jumlah penumpang.

"Banyak faktor yang bisa kita cegah agar kecelakaan tak terjadi. Kapal nggak bisa dipaksakan. Kalau loadnya 100 ya 100. Begitu lebih, ada kecelakaan, jadi bapak yang salah," kata Aan di Dermaga Marina Ancol, Jakarta Utara, Senin (6/11/2017).

"Lebih baik kita disiplin tapi aman. Daripada buru-buru kelebihan orang yang ada celaka. Nanti akibatnya bisa dipenjara," lanjutnya.

Selain itu, Aan juga mengingatkan agar para kapten kapal tetap tenang ketika terjadi kecelakaan di laut. Aan menegaskan agar para kapten kapal memandu evakuasi dan menjadi yang terakhir keluar dari kapal.

"Kecelakaan kita nggak boleh panik. Harus tahu tahapannya seperti apa. Pintu keluar evakuasi harus tenang. kapten kapal harus terakhir keluar," ujarnya.

Aan mengaku memberi perhatian lebih soal keselamatan penumpang kapal. Dia menegaskan Koarmabar akan rutin melakukan pengecekan langsung ke dermaga.

"Nanti kita akan rutin. Kita tidak ingin ada kecerobohan," tegasnya.

Sebelumnya Koarmabar mencatat jumlah kecelakaan laut yang terjadi sepanjang tahun 2017. Kecelakaan itu diakibatkan cuaca buruk.

Diketahui selama 2017 telah terjadi 82 kecelakaan laut di wilayah Koarmabar dengan jumlah korban 52 orang meninggal dunia dan 14 orang lainnya hilang.
(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed