Pilgub Jatim 2018

PPP: Tak Etis PDIP Larang Emil Dardak Maju Pilgub Jatim

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Minggu, 05 Nov 2017 08:15 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - PDIP secara halus meminta Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak tidak memikirkan kans maju di Pilgub Jawa Timur 2018. Sikap PDIP mendapat sindiran dari PPP.

"Saya kira melarang-melarang begitu tidak bijaklah karena hak berdemokrasi seseorang itu untuk dipilih dan memilih, (itu) hak semua orang, termasuk Emil Dardak. Persoalan Emil Dardak tidak menggunakan haknya untuk dipilih, itu soal lain," ujar Wasekjen PPP Achmad Baidowi (Awiek) saat dihubungi, Sabtu (4/11/2017) malam.

Menurut Awiek, Hak demokrasi Emil Dardak harus dihormati siapapun, termasuk PDIP. Jika masih nekat melarang Emil maju di Pilgub Jatim, PDIP, kata Awiek, mengesampingkan etika berpolitik.

"Tetapi, pihak lain tidak punya hak (melarang Emil). Artinya, tidak etis melarang seseorang untuk dipilih rakyat," sebut Awiek.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Trenggalek, Doding Rahmadi, mengatakan saat ini masih banyak tugas yang harus dituntaskan Emil Dardak dan wakilnya. Emil diminta memenuhi visi dan misinya selama lima tahun mengabdi.

"Itu kan sudah menjadi komitmen bersama dengan Emil, apalagi ini masih dua tahun. Jadi masih banyak sekali visi dan misi yang belum terwujud," kata Doding kepada wartawan, Sabtu (4/11). (gbr/rvk)