Pilgub Jatim 2018

Jika Emil Nekat Maju Cawagub Jatim, Ini Langkah PDIP Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikNews
Sabtu, 04 Nov 2017 20:53 WIB
Foto: Adhar Muttaqin/detikcom
Jakarta - Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Trenggalek akan mengambil sejumlah langkah apabila Bupati Trenggalek Emil Dardak nekat maju sebagai calon wakil gubernur Jatim 2018. Langkah itu akan dikoordinasikan dengan DPP PDIP.

"Kami di DPC tidak bisa memutuskan sendiri, sehingga akan dikoordinasi dengan DPP (Dewan Pimpinan Pusat) PDIP. Nantinya pasti akan dibawa ke rapat kerja yang setiap tahun diadakan," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Trenggalek, Doding Rahmadi, Sabtu (4/11/2017).

Dalam rapat tersebut, akan dilakukan evaluasi terhadap kinerja kepala daerah yang diusung oleh partai berlambang banteng moncong putih tersebut. Selain itu, akan didengarkan pula pertimbangan mulai dari pengurus pusat, daerah hingga cabang, termasuk dampak di tingkat konstituen.

"Baru nanti akan bisa diputuskan seperti apa langkah dari kami. Kalau sesuai aturan yang baru, kepala daerah yang maju di dalam satu daerah tidak perlu mundur, hanya cukup cuti," imbuhnya.

Doding menambahkan, hingga saat ini pihaknya optimistis Emil Dardak tidak akan maju sebagai calon wakil gubernur untuk mendampingi salah satu kandidat calon Gubernur Jatim 2018. Keyakinan tersebut didasarkan pada komitmen yang telah dilakukan antara PDIP dengan sang bupati.

Dalam komitmen tersebut, Emil diminta untuk menyelesaikan masa kepemimpinannya di Trenggalek selama lima tahun bersama wakilnya, Mochammad Nur Arifin.

"Itu kan sudah menjadi komitmen bersama dengan Emil, apalagi ini masih dua tahun. Jadi masih banyak sekali visi dan misi yang belum terwujud," sebutnya. (gbr/rvk)