Cerita Perjuangan Juara National Mandarin Competition

Mustiana Lestari - detikNews
Sabtu, 04 Nov 2017 17:23 WIB
Foto: Dok President University
Jakarta - Kemampuan akan bahasa asing kini makin dibutuhkan di kalangan akademisi. Bukan hanya kemampuan bahasa Inggris, namun diperlukan bahasa lainnya, seperti bahasa Mandarin.

Mahasiswa Presiden University jurusan International Business angkatan 2015, Angel Ngadiman, adalah salah satu mahasiswa yang fasih berbahasa Inggris maupun bahasa Mandarin.

Bahkan belakangan dia menjadi juara 2 di National Mandarin Competition (NMC) 2017. Dalam kompetisi tersebut, nilainya hanya beda 0.3 point dengan sang juara.

"Saya sangat bersyukur menjadi runner up, semoga apa yang saya raih bisa memberikan inspirasi kepada teman-teman di kampus, agar bisa mendorong mereka untuk menunjukkan bakat dan kemampuan mereka sendiri di depan umum. Keberhasilan ini juga berkat dukungan pihak kampus terutama dari Kaprodi Manajemen, dan juga dari dosen, organisasi dan teman-teman di kampus," ungkap penerima beasiswa President University ini dalam keterangan tertulis.

National Mandarin Competition (NMC) 2017 yang diselenggarakan oleh Binus Mandarin Club ini mempertandingkan 3 kategori, yaitu Speech, Story Telling, dan Singing. Pada ajang kompetisi yang sudah memasuki tahun ke-6, wanita berusia 21 tahun ini mengikuti kategori Speech.

Setelah sukses di babak penyisihan, alumni Jakarta Taipei International School ini pun lolos ke babak semifinal yang berlangsung pada 27 Oktober 2017.
Setelah melalui persaingan yang sengit, akhirnya Angel bisa melangkah ke final pada hari berikutnya dan berhasil menjadi juara 2.

"Untuk menghadapi event NMC 2017 yang saya persiapkan adalah membuat naskah, kemudian menghafalkannya dan latihan berkali-kali agar dapat menyampaikan speech-nya dengan baik dan lancar," ujar Angel yang tenyata juga jago memainkan alat musik piano. Angel tercatat lulusan dari The Associated Board of the Royal Schools of Music (ABRSM) Piano Grade 8 dan sering mengikuti perlombaan maupun tampil di konser musik.

Memang bahasa Mandarin sudah tidak asing lagi bagi Angel karena sejak SD hingga sekarang, Angel sudah banyak mengikuti berbagai lomba yang mengasah kemampuan Bahasa Mandarin. Ada beberapa prestasi yang pernah diraihnya, seperti Juara 1 dan 2 Mandarin speech competition, Juara 1 Mandarin story-telling competition, dan Juara 2 Mandarin Writing competition.

Waktu kecil sebenarnya cita-cita Angel ingin menjadi seorang pianis, tetapi setelah kuliah, dia mengubah mimpinya menjadi pengusaha. Hal ini juga sejalan dengan jurusan yang dia pilih yaitu International Business karena ingin mempunyai bisnis sendiri yang bisa menembus market internasional.

Untuk itu dia memilih kuliah di President University yang memiliki full-english environment. Menurutnya President University sangat tepat karena akan memudahkannya berkomunikasi di pergaulan internasional. Selain aktif mengikuti kompetisi, Angel juga aktif berorganisasi.

"Saya berkontribusi dalam PUMA Management (President University Major Association), atau yang biasanya dikenal HIMA (Himpunan Mahasiswa) selama dua tahun. Pada tahun pertama saya menjabat sebagai member dari Divisi Humas. Pada tahun kedua, saya menjabat lagi sebagai Ketua Divisi Humas," ungkap Angel. (ega/ega)