DetikNews
Jumat 03 November 2017, 18:17 WIB

Akbar Tandjung Takut Citra Novanto Bikin Golkar Tak Lolos Pemilu

Danu Damarjati - detikNews
Akbar Tandjung Takut Citra Novanto Bikin Golkar Tak Lolos Pemilu Foto: Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung. (Grandyos Zafna-detikcom)
FOKUS BERITA: Sidang Setya Novanto
Jakarta - Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung sedih dengan opini masyarakat terhadap partainya. Sedih Akbar itu terkait opini publik terhadap Ketua Umum Setya Novanto, yang belakangan juga mempolisikan 'anak meme'.

"Sekarang saja citra masyarakat terhadap Novanto akan terbentuk. Dan citra itu akan berdampak kepada Golkar," kata Akbar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (3/11/2017).

Akbar adalah senior di Golkar. Dia pernah mengalami kemenangan Golkar. Namun akhir-akhir ini dia merasa ada perubahan yang bikin sedih.

"Nah kami warga Golkar pernah memimpin Golkar bahkan pernah memenangkan Golkar, tentu sangat prihatin dan sedih dengan penurunan opini publik kepada Golkar akhir-akhir ini," ujar Akbar.

Dia mengaku mengikuti berbagai hasil riset lembaga survei. Hasilnya, Golkar di bawah angka 10 dalam hal tingkat opini publik. Tren-nya bahkan terus menurun.

"Kalau tren terus turun yang saya takutkan, 6 sekian, 5 sekian, 4 sekian, 3 sekian. Dan kalau sampai 3 sekian itu artinya tidak melewati batas threshold (untuk ikut Pemilu). Berarti kita tidak punya wakil. Itu yang saya takutkan. Mudah-mudahan tidak," tutur Akbar.

Dia tak mau eksplisit menyebut jalan keluar dari situasi yang dirasanya memprihatinkan ini. Yang jelas, perubahan demi perbaikan dirasa perlu dilakukan. Barangkali seperti ganti Ketua Umum Golkar begitukah?

"Perubahan itu artinya bisa macam-macam, salah satunya bisa itu. Tapi saya tidak mengatakan eksplisit itu. Perubahan bisa berbagai arah," kata Akbar.
(dnu/idh)
FOKUS BERITA: Sidang Setya Novanto
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed