10 Pekerja Pabrik Kembang Api Kosambi yang Hilang Telah Ditemukan

Mei Amelia R - detikNews
Kamis, 02 Nov 2017 16:41 WIB
Polres Metro Tangerang Kota memfasilitasi warga yang ingin mencari keluarganya di lokasi pabrik kembang api yang meledak di Kosambi beberapa hari lalu. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Sepuluh dari total 103 pekerja di pabrik kembang api yang meledak di Kosambi, Kota Tangerang, dilaporkan hilang. Saat ini mereka sudah dipastikan selamat dan telah ditemukan keberadaannya.

"Dari 10 orang yang sebelumnya dilaporkan hilang itu terakhir kan tinggal tiga beberapa orang yang dinyatakan hilang. Nah, sekarang sudah ketemu semuanya, kondisinya sehat semua," jelas Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Harry Kurniawan kepada detikcom, Kamis (2/11/2017).

[Gambas:Video 20detik]

Harry mengatakan dari 10 orang yang sempat dicari-cari, sembilan orang di antaranya masuk kerja pada saat pabrik milik PT Panca Buana Cahaya Sukses itu terbakar. Sementara satu orang tidak masuk kerja karena sakit.

"Nuruliyah itu. Dia yang ditemukan pertama, karena posisinya sedang di rumah sakit, menjaga temannya yang sakit," kata Harry lagi.

Harry mengungkap, sembilan pekerja yang tengah masuk kerja saat itu mengalami luka-luka. Ada di antara sembilan pekerja ini yang pulang ke kampungnya.


"Ada yang tidak ke rumah sakit, karena sebagian pulang ke kampung halamannya," sambungnya.

Berikut nama-nama 10 pekerja yang sebelumnya dinyatakan hilang dan telah ditemukan:

1. Nuryulia (38 th)
2. Tajudin (36 th)
3. Amri (21 th)
4. Ruri(29 th)
5. Hermanto (26 th)
6. Husnul (25 th)
7. Zainudin (23 th)
8. Darwin Pratama (21 )
9. Wawan (18 th)
10. Firman (16 th)


Pabrik kembang api tersebut terbakar pada Kamis (26/10) lalu. Peristiwa ini menewaskan sebanyak 48 orang. Sementara, ada lebih dari 40 orang lainnya yang mengalami luka.

Ledakan dan kebakaran terjadi karena bunga api dari mesin las yang terkena bahan baku kembang api. Polisi telah menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus ini. (mei/jbr)