Ortu Cabut Berkas, 2 Perempuan Ini Tak Jadi Nikahi 1 Pria Sekaligus

raja - detikNews
Rabu, 01 Nov 2017 17:50 WIB
Indah dan Perawati yang akan dinikahi sekaligus oleh Cindra bersama keluarganya (raja/detikcom)
Palembang - Mengaku sulit untuk menikahkan anaknya di Kantor Urusan Agama (KUA) Lais, Musi Banyuasin, orang tua Indah Lestari mencabut berkas pernikahan. Indah Lestari merupakan calon istri Cindra, pria yang akan menikahi dua wanita sekaligus.

Kepala KUA Kecamatan Lais Alamsyah membenarkan kabar pencabutan berkas nikah Indah Lestari dengan Cindra yang telah didaftarkan oleh orang tuanya. Indah Lestari seharusnya melangsungkan akad nikah pada Senin (6/11) pekan depan.

"Sudah resmi kemarin orang tua yang perempuan (Indah Lestari) mencabut berkas permohonan nikah yang terdaftar di KUA Lais," terang Alamsyah saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (1/11/2017).

Saat mencabut berkas, orang tua Indah mengaku sulit untuk menikahkan anaknya dan telah mendapat kabar pembatalan tersebut dari Kemenag Sumsel. Padahal, berkas persyaratan Indah yang akan dinikahkan dengan Cindra telah dinyatakan lengkap sebelumnya.

"Alasannya karena bapaknya merasa rumit dan sulit untuk dilaksanakan secara tercatat. Akhirnya dia batalkan dan cabut semua berkas permohonan menikah anaknya yang akan dilaksanakan pekan depan itu. Sebelum membatalkan dan mencabut berkas pernikahan, sebenarnya semua berkas sebagai syarat nikah sudah terpenuhi," sambung Kepala KUA kecamatan Lais ini.

Namun demikian, jika seandainya orang tua Indah tidak mencabut berkas, KUA rencananya juga tidak akan menikahkan keduanya. Hal ini sesuai instruksi yang telah disampaikan Kepala Kemanag Sumsel, Alfajri Abdi beberapa waktu lalu setelah undangan pernikahan Cindra dengan Indah Lestari dan Perawati viral di media sosial.

"Kami tidak akan menikahkan karena itu di luar ketentuan. Orang boleh nikah tapi sesuai prosedur. Meskipun yang satunya tidak menikah di KUA, tapi itu sudah diketahui akan menikah lagi dan kami sepakat dengan apa yang dikatakan Kakanwil secara tercatat di KUA tidak bisa dilaksanakan," katanya.

"Andaikan mereka mau nikah sirih, kita tidak tahu dan itu tidak kita sarankan. Ya sudah, karena bapaknya yang punya kewajiban nikahkan anak, bapaknya yang mendaftarkan dan juga mencabut ya kita tidak bisa lakukan apa-apa," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, Cindra akan rencananya akan melangsungkan pernikahan dengan 2 pujaan hatinya pada Senin (6/11) dan Rabu (8/11). Secara bersamaan, kedua calon istrinya ini akan disandikan dipelaminan pada Kamis (9/11) di Dusun IV Lumpatan II, Musi Banyuasin. (asp/asp)