DetikNews
Rabu 01 November 2017, 15:21 WIB

Kabareskrim Sebut Registrasi SIM Card Bantu Ungkap Kejahatan

Denita Br Matondang - detikNews
Kabareskrim Sebut Registrasi SIM Card Bantu Ungkap Kejahatan Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono mengatakan hampir semua tidak kejahatan melibatkan penggunaan telepon seluler. Pengungkapan kasus pun terkendala karena SIM card yang tidak teregistrasi.

"Sangat bermanfaat (registrasi SIM card). Kenapa? Karena ya hampir semua sekarang menggunakan seluler untuk berkomunikasi. Tapi karena memang tidak teregistrasi sebelumnya, sehingga untuk kita mengungkap suatu peristiwa pidana mencari orang itu kadang-kadang kita mengalami kendala," kata Ari di Bareskrim Polri, Jalan Mereka Timur, Rabu (1/11/2017)

Maka, identitas pengguna yang didaftarkan tersebut memudahkan polisi mengendalikan informasi dan tindakan pelaku. Hal ini juga nanti akan berkaitan dengan masalah keamanan nasional.

"Tapi dengan adanya ini, kita harapkan paling tidak mudah mendatakan mudah mengendalikan ketika mungkin ada informasi umum yang akan disampaikan secara nasional," kata Ari.

Ari juga yakin pihak kominfo sudah memuat regulasi agar identitas pelanggan dapat digunakan dengan penuh tanggung jawab. Kebocoran informasi tidak akan sampai kepada pihak asuransi yang sengaja menghubungi user.

"Ya nantilah kita bahas lagi. Saya juga ini kan hanya saya jangan sampai diblokir. Begitu baca koran saya bisa diblokir, saya belum dalami lagi. Iya yakin saja, pemerintah nggak jahat sama masyarakat dan ada polisi yang bakal mengawalnya," kata Ari Dono.
(idh/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed