DetikNews
Selasa 31 Oktober 2017, 17:58 WIB

Jalani Sidang Perdana, Ello Didakwa Simpan Ganja

Yulida Medistiara - detikNews
Jalani Sidang Perdana, Ello Didakwa Simpan Ganja Ello (Foto: Noel/detikHOT)
Jakarta - Dominggus Marcello Tahitoe (DMT) alias Ello dan temannya Diego Maradona Tampubolon menjalani sidang perdana. Ello didakwa menyimpan ganja.

"Perbuatan DM dan Ello dalam memiliki, menyimpan, menguasai narkotika golongan satu daun kering ganja seberat 1,112 gram dan 1 bungkus 1,0387 gram tanpa adanya dilengkapi surat dari Kemenkes dan bukan untuk penelitian," kata jaksa penuntut umum, Herlangga membacakan surat dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Selasa (31/10/2017).

Ello dan Diego ditangkap di rumah Ello, Griya Kecapi, Jagakarsa, Jaksel pada sekitar pukul 11.30 WIB, Minggu (6/8). Penangkapan dilakukan setelah polisi mendapatkan informasi dari masyarakat.

Menurut jaksa dalam surat dakwaan, Ello pada 28 Juli 2017 meminta Diego membelikan ganja. Ganja dibeli Diego di sekitar kampus di Jaksel.

"Kemudian pada hari yang sama, DM ke sekitar Universitas Atma Jaya untuk membeli ganja Rp 200 ribu untuk dikonsumsi para terdakwa," ujar Herlangga.

Ello menjalani sidang perdana di PN Jaksel, Selasa (31/10/2017)Ello menjalani sidang perdana di PN Jaksel, Selasa (31/10/2017) Foto: Yulida Medistiara-detikcom


Diego kemudian mendatangi rumah Ello dan menggunakan ganja bersama. Sisa ganja disimpan di laci meja ruang tamu rumah Ello.

"Selanjutnya sisa ganja disimpan sebagai stok di laci meja rumah Ello," sambung jaksa.

Menurut jaksa dalam dakwaan, Diego saat penangkapan berupaya meyembunyikan ganja dengan memindahkannya ke kantong celana. Namun Ello dan Diego dinyatakan positif mengonsumsi narkoba.

Saat digeledah, polisi menemukan 1 bungkus daun kering ganja seberat 1,1112 gram daun kering dan 1 bungkus 1,0387 gram daun kering.

Namun berdasarkan surat keterangan rehabilitasi dan assessment BNN keduanya merupakan pengguna dan tidak memiliki indikasi bersama jaringan pengedar.

"Terdakwa DM dan Ello yang dibuat BNN dari hasil pemeriksaan assessement merupakan penyalahgunaan ganja dengan pola ketergantungan dan tidak ada indikasi keterlibatan dengan jaringan narkotika sehingga Ello dan DM bisa dilakukan pengobatan dan perawatan, dapat dilakukan rehabilitasi," ujarnya.

Saat ini Ello dan Diego menjalani rehabilitasi di RSKO Cibubur. Pengacara menyatakan tidak akan mengajukan eksepsi sehingga sidang lanjutan tanggal 7 November langsung pemeriksaan saksi dari jaksa.

Ello dan Diego didakwa dengan Pasal 111 ayat 1 UU Nomor 35 tahun 2009 jo pasal 130 ayat 1 tentang Narkotika. Pada dakwaan kedua, Ello dan Diego didakwa dengan Pasal 127 ayat 1 huruf a UU nomor 35 tahun 2009, jo pasal 55 KUHP.

Keduanya terancam hukuman paling singkat 4 tahun dan maksimal hingga 12 tahun penjara.

Saksikan video Persidangan Perdana Ello di sini:

[Gambas:Video 20detik]

Tonton juga video lainnya di 20detik!
(yld/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed