DetikNews
Selasa 31 Oktober 2017, 15:09 WIB

Yusuf Mansur dan Mamah Dedeh Ulama Paling Populer di Kalangan Muda

Faiq Hidayat - detikNews
Yusuf Mansur dan Mamah Dedeh Ulama Paling Populer di Kalangan Muda Yusuf Mansur (Sylke Febrina Laucereno)
Jakarta - Alvara Research Center mengungkap ulama yang paling populer di kalangan mahasiswa dan pelajar. Ustaz Yusuf Mansur dan Mama Dedeh jadi yang paling populer.

Bekerja sama dengan Mata Air Foundation, Alvara Research Center melakukan survei kepada 1.800 mahasiswa dan 2.400 pelajar. Mereka menyasar mahasiswa dan pelajar di seluruh Pulau Jawa dan kota besar Jawa di Indonesia.

Survei ini dilaksanakan pada 1 September-10 Oktober 2017. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka (face to face interview). Responden pada riset ini seimbang antara pria dan wanita, dengan mayoritas responden wanita menggunakan hijab 79 persen.

Mamah DedehMamah Dedeh (Dok. Detikhot)


Mayoritas responden mahasiswa tingkat 2 dan 3 atau mereka yang saat ini semester III dan IV serta persentase 27,7 persen dan 27,4 persen. Mayoritas responden usia 20 dan 21 tahun dengan persentase 23,2 persen dan 20,7 persen.

Mayoritas responden berasal keluarga pendidikan, di mana kepala keluarga mereka mayoritas berpendidikan sarjana 42,9 persen dan SMA 37 persen.

Pemaparan Survei AlvaraPemaparan Survei Alvara (Survei Alvara)


Responden pelajar seimbang antara pria dan wanita. Untuk responden wanita memakai hijab 80 persen. Jurusan diambil lebih banyak IPA 64 persen dibanding IPS 34 persen dan bahasa 2 persen. Mayoritas responden berusia 16 tahun 38,2 persen dan 17 tahun 35,7 persen dengan pekerjaan kepala keluarga wiraswasta dan karyawan swasta. Mayoritas amaliyah keagamaan nahdliyin maulid 86,9 persen, qunut subuh 67,2 persen, ziarah kubur 79,4 persen, dan tarawih 23 rakaat 43,3 persen.

CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali menyatakan Ustaz Yusuf Mansur, KH Abdullah Gymnastiar, dan Mamah Dedeh merupakan ulama yang paling dikenal di kalangan mahasiswa dan pelajar. Ketiga ulama tersebut juga menjadi panutan bagi mahasiswa dan pelajar.

Tiga ulama yang populer di kalangan mahasiswa adalah Ustaz Yusuf Mansur 94,6%, KH Abdullah Gymnastiar 90,6%, dan Mamah Dedeh 84,3 %. Sedangkan ulama yang populer di kalangan pelajar adalah Ustaz Yusuf Mansur 88,1 %, Mamah Dedeh 84,3%, dan Ustaz Maulana 81%. Selain itu, ulama yang jadi panutan kalangan mahasiswa adalah Ustaz Yusuf Mansur, Mamah Dedeh, dan KH Abdullah Gymnastiar. Sedangkan di kalangan pelajar, ada Ustaz Yusuf Mansur, Mamah Dedeh, dan Ustaz Maulana.

"Artinya, Ustaz Yusuf Mansur dan Mamah Dedeh adalah ulama yang paling dikenal di kalangan mahasiswa dan pelajar," kata Hasanuddin Ali dalam pemaparan hasil survei di Restoran Batik Kuring, Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (31/10/2017).

Berdasarkan hasil survei, ulama yang memiliki kedalaman ilmu oleh mahasiswa adalah KH Abdullah Gymnastiar 27,8%, Ustaz Yusuf Mansur 25,3%, dan KH Quraish Shihab 21,5%. Sedangkan untuk kalangan pelajar, ada Ustaz Yusuf Mansur 24,9%, Mamah Dedeh 23,2%, dan KH Abdullah Gymnastiar 19,9%.

Selain itu, Ustaz Yusuf Mansur 21,6 %, Felix Siauw 16%, dan Ustaz Maulana 16,4% dianggap oleh mahasiswa menyampaikan ceramah yang mudah diterima kalangan anak muda. Sedangkan pelajar menganggap Ustaz Maulana 25,5%, Ustaz Yusuf Mansur 22,2%, dan Okky Setiana Dewi 14,4% menyampaikan ceramah yang mudah diterima dan dipahami anak muda.

"Persepsi di benak mahasiswa dan pelajar ulama yang memiliki citra dan idola anak muda adalah Okky Setiana Dewi dan Felix Siauw. Ulama yang dicitrakan karismatik memiliki kedalaman ilmu dan ulama panutan umat adalah ulama dari sisi usia sudah tidak muda lagi, seperti KH Mustofa Bisri, KH Ma'ruf Amin, KH Maimun Zubair, KH Quraish Shihab, dan lainnya," ujar Hasanuddin.
(fai/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed