Teten: UU Ormas Juga Menyasar ke Kelompok Komunis

ADVERTISEMENT

Teten: UU Ormas Juga Menyasar ke Kelompok Komunis

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Senin, 30 Okt 2017 19:08 WIB
Foto: Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki (Bagus-detikcom)
Jakarta - Undang-undang organisasi kemasyarakatan (ormas) yang sebelumnya merupakan Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perppu) No 2/2017 jadi pembahasan diskusi antara Presiden Jokowi dan para pimpinan redaksi media massa. Pada pertemuan itu juga ditegaskan bahwa UU Ormas juga menyasar ke kelompok kiri.

"Komunisme juga yang disasar oleh UU ini," kata Teten usai mendampingi Jokowi dalam pertemuan di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2017).

Pemerintah, kata Teten, membuka saran jika akan dilakukan revisi. Terutama soal pasal tentang pemidanaan.

"Ya kemungkinan revisi setelah ditetapkan jadi UU karena ada beberapa catatan terutama soal pemidanaan terhadap orang-orang yang terlibat dalam ormas-ormas yang dianggap bertentangan dengan Pancasila," ujar Teten.

Teten tak menyebutkan apakah ada usulan dari para pimpinan redaksi untuk revisi UU Ormas. Menurutnya cakupan diskusi tadi sore tak hanya soal itu.

Perppu Ormas telah disahkan oleh DPR untuk menjadi undang-undang. Namun ada 3 fraksi yang terima Perppu itu meminta untuk ada revisi.

Partai Demokrat bahkan telah menyiapkan naskah akademik soal usulan revisi UU Ormas. Rencananya naskah itu akan disampaikan ke pemerintah besok. (bpn/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT