DetikNews
Senin 30 Oktober 2017, 19:01 WIB

Cerita Pengelas saat Detik-detik Ledakan di Pabrik Kembang Api

Mei Amelia R - detikNews
Cerita Pengelas saat Detik-detik Ledakan di Pabrik Kembang Api Foto: Kondisi pabrik kembang api pascaledakan (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Husnul, seorang pengelas rekan Subarna Ega, menjadi saksi mata ledakan di pabrik kembang api Kosambi yang menelan 49 korban. Husnul berhasil menyelamatkan diri saat itu.

"Ada dua saksi yang mengetahui langsung berkaitan percikan bunga api las. Pak Husnul, dia sama-sama dengan tukang las dengan Subarna Ega itu sama-sama di atas," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Saat itu, pabrik tersebut memang tengah mengerjakan atap di bagian penjemuran kembang api. Husnul sempat merasakan hawa panas ketika memegang besi yang tengah dilas oleh Subarna.

"Husnul itu yang pegang besi, kawatnya itu tahu-tahu dia merasa panas, kemudian percikan api itu ke bawah," sambungnya.

Melihat hal itu, Husnul langsung meloncat dari atas ke atap asbes. Husnul langsung melarikan diri sekuat tenaga, tanpa melihat kiri-kanan.

"Dia lari menyelamatkan diri ke pintu depan. Dia sudah tidak sempat nengok ke belakang, kanan-kiri lagi, kemudian dia mendengar ada ledakan," lanjutnya.

Subarna sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka. Namun sampai saat ini, keberadaan Subarna belum diketahui.

"Sudah dicari ke rumahnya di Cililin, Kabupaten Bandung juga belum ketemu," pungkas Argo.
(mei/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed