DetikNews
Senin 30 Oktober 2017, 15:07 WIB

Jokowi Ditemui Asosiasi Petani Tembakau di Istana

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jokowi Ditemui Asosiasi Petani Tembakau di Istana Presiden Jokowi ditemui Asosiasi Petani Tembakau di Istana (Foto: Bagus Prihantoro/detikcom)
Jakarta - Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka. Pertemuan ini menyusul keputusan naiknya cukai tembakau pekan lalu.

"Pak Presiden yang kami hormati, pertanian tembakau adalah pertanian yang spesifik, mengandung kearifan lokal dan ditanam satu kali musim setahun, sekitar 6 bulan, melibatkan banyak ketenagakerjaan," ujar salah seorang perwakilan petani tembakau di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2017).

Tenaga kerja dalam dunia pertanian tembakau mulai dari budidaya, panen, dan pascapanen. Tetapi dia belum menyampaikan apa tujuannya menemui Jokowi. Dalam pertemuan ini, Jokowi didampingi oleh Seskab Pramono Anung dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.
Presiden Jokowi ditemui Asosiasi Petani Tembakau di IstanaPresiden Jokowi ditemui Asosiasi Petani Tembakau di Istana Foto: Bagus Prihantoro/detikcom

Sebelumnya Presiden Jokowi telah memberikan restu bahwa pada 1 Januari 2018 tarif cukai rokok naik rata-rata 10,04%. Jokowi juga meminta jajarannya menyiapkan lapangan kerja pengganti untuk para petani tembakau.

"Bapak Presiden mengarahkan supaya Pak Menko, kami semua memulai pemikiran ke depan kepada para petani tembakau agar dilakukan agar mereka mempersiapkan pada penanaman produk lainnya dalam jangka ke depan," kata Menkeu Sri Mulyani di Istana Negara, Kamis (19/10).


(bpn/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed