Saat Pelajar Bandung Berkostum Unik dan Khas Daerah

Niken Widya Yunita - detikNews
Senin, 30 Okt 2017 14:58 WIB
Foto: Pelajar Bandung Berkostum Unik dan Khas Daerah (Dok. President University)
Bandung - Sebanyak 1.100 siswa-siswi SMP dan SMA se-kota Bandung memamerkan kostum unik serta pakaian khas daerah di Indonesia. Mereka memamerkan itu dalam kirab budaya tahunan dalam rangka hari Sumpah Pemuda.

Dalam keterangan tertulis dari President University, Senin (30/10/2017), acara tersebut bernama Bandung Highschool Arts Festival 2017. Acara dilakukan oleh siswa dan siswi dari SMK Prakarya Internasional (PI) bekerja sama dengan President University, pada Sabtu (28/10/2017).

Titik awal kirab mulai dari Jalan Pelindung Hewan, Jalan H Kurdi, Jalan Moh Toha, Jalan BKR (melintasi museum Sri Baduga), dan kembali ke Jalan Pelindung Hewan ke kampus 2 SMK PI. Para siswa-siswi Bandung itu mengenakan kostum budaya dari berbagai pakaian daerah di Indonesia.

Kostum itu antara lain dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Betawi, Cirebon, Bali, Nusa Tenggara Barat, Papua, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, dan lainnya. Ada juga kostum unik dari Jember, Jawa Timur, yang membuat warga sekitar terpesona.

 Saat Pelajar Bandung Berkostum Unik dan Khas DaerahFoto: Pelajar Bandung Berkostum Unik dan Khas Daerah (Dok. President University)

Kegiatan ini diprakarsai oleh financial expert jebolan Graduate School of Business, Long Island University, New York USA, Pieter Canny. Dia tanpa pamrih telah terpanggil hatinya untuk membangkitkan kreativitas seni dan budaya di kalangan generasi muda tingkat sekolah SMP dan SMA/SMK se-Kota Bandung, itu.

Kegiatan ini digelar untuk pertama kalinya dan diharapkan akan menjadi event kirab budaya tahunan yang diselenggarakan setiap memperingati hari Sumpah Pemuda. Acara ini sekaligus mempromosikan Bandung sebagai destinasi pariwisata yang memiliki sumber seni budaya generasi muda yang sangat kreatif di Indonesia.

Tujuan acara dengan tema 'Keberagaman Nusantara' ini adalah untuk meningkatkan kecintaan generasi muda Indonesia terhadap rasa kebangsaan, keberagaman, dan menghayati jerih payah perjuangan para pendiri bangsa. Selain itu meningkatkan apresiasi terhadap seni budaya Indonesia sendiri.

Kegiatan Bandung Highschool Arts Festival 2017 diharapkan dapat menyumbangkan semangat kemajuan dalam kemajemukan, kesejukan dalam kedamaian, melalui kreativitas anak-anak sekolah Indonesia.

"Kita perlu kesibukan yang konstruktif dan positif, we love Indonesia more than I do," tegas Canny.


(nwy/erd)