DetikNews
Senin 30 Oktober 2017, 15:01 WIB

Fahri Duga Banyak Ormas Dibubarkan Tahun Depan Terkait Politik

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Fahri Duga Banyak Ormas Dibubarkan Tahun Depan Terkait Politik Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menduga ada banyak pembubaran ormas pada 2018 atau pada tahun politik. Pembubaran ormas-ormas tersebut terkait dengan politik.

"Bahkan sebelum 2018 nanti supaya tahun politik kita lebih tenang gitu lho. Ini ada dugaan ya, tahun depan itu ada banyak pembubaran ormas karena itu akan menyangkut suhu politik dan bisa jadi yang kena bubar itu adalah ormas-ormas yang punya politik dengan kelompok lain," ujar Fahri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Karena itu, Fahri mendukung revisi UU Ormas. Ia menilai pemerintah dapat otoriter membubarkan ormas yang dinilai anti-Pancasila.

"Ini kayak palu Thor, bisa mukul sembarang orang ni. Maka kembalikan palunya itu jangan seperti palu Thor, tapi jadi palu martil biasa untuk bikin pagar. Kalau nggak, palu Thor-nya akan makan korban. Tahun depan membayangkan itu akan banyak pembubaran ormas," terang Fahri.

Sikap Partai Demokrat (PD) mendorong revisi UU Ormas dikritik Fahri. Menurutnya, semestinya PD sejak awal menolak UU Ormas.

"Nah ini UU Ormas juga begitu sebenarnya. Akhirnya Pak SBY kecolongan karena setahu saya ya harusnya karena UU Ormas lahirnya pada zaman SBY. Harusnya dari awal yang keras itu Partai Demokrat," ujar Fahri.
(yas/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed