DetikNews
Senin 30 Oktober 2017, 11:54 WIB

Anies: Kampung Akuarium Ada Orientasi Wisatanya

Mochammad Zhacky - detikNews
Anies: Kampung Akuarium Ada Orientasi Wisatanya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Cici Marlina/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan kembali menata permukiman warga yang telah digusur di Kampung Akuarium dan Bukit Duri. Anies menyebut Kampung Akuarium memiliki potensi dijadikan objek wisata.

"Kalau di Kampung Akuarium mungkin ada orientasi wisatanya. Kalau di Bukit Duri mungkin berbeda. Tapi arahnya sama," kata Anies di IRTI, Monas, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2017).

Anies mengatakan dua kampung itu akan ditata ulang untuk tempat tinggal warga. Proses penataannya bukan hanya dilakukan Pemprov DKI, tapi juga melibatkan warga yang bermukim di lokasi tersebut.

"Arahnya adalah mereka akan bisa dapat hunian yang layak, mendapatkan lingkungan yang sehat, bersih, dan juga sesuai dengan peraturan. Tapi caranya dengan rembukan bersama, bukan sekadar kita yang menetapkan," jelas Anies.

Anies menyebut Pemprov DKI sudah menerima usulan-usulan mengenai desain Kampung Akuarium dan Bukit Duri. Sebelum penataan dilakukan, akan dipastikan keabsahan dua lahan tersebut, seperti legalitas kepemilikan tanah.

"Mereka juga memiliki konsep-konsepnya dan itu sudah kita diskusikan juga dulu. Nanti kita siapkan untuk duduk sama-sama, kita dengan warga Akuarium, Bukit Duri. Itu yang menjadi paling awal," ujar dia.

"Kemudian dari sana, kita susun langkahnya, termasuk dengan badan yang terkait, misalnya Badan Pertanahan Nasional (BPN), untuk memastikan bahwa pengelolaan ini secara legal, soal tanahnya juga aman," tuturnya.
(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed