Selain Pemeran, Penyebar Video Mesum yang Viral akan Diusut

Mei Amelia R - detikNews
Senin, 30 Okt 2017 10:28 WIB
Foto: Ilustrasi Medsos/Gagah Wijoseno
Jakarta - Polresta Depok masih menelusuri penyebar video mesum yang dikaitkan dengan HA, alumnus Universitas Indonesia (UI) yang jadi viral di media sosial. Tapi saat ini polisi fokus mencari pemeran dalam video itu lebih dulu.

"Untuk mencari siapa penyebarnya, tentunya kan harus diketahui terlebih dahulu siapa pelaku di dalam video itu," ujar Kasat Reskrim Polresta Depok Kompol Putu Kholis Aryana kepada detikcom, Senin (30/10/2017).


Putu mengungkapkan, setelah pemeran dalam video itu diketahui, barulah polisi bisa mencari penyebarnya. Dari keterangan pemeran, akan diketahui bagaimana video itu dibuat hingga akhirnya tersebar ke media sosial.


"Kalau sudah tahu siapa pemerannya, tentunya kami bisa mengetahui bagaimana mulanya video itu tersebar, apakah kamera atau handphone yang digunakan dicuri, dijual, dan sebagainya kan nanti bisa ketahui," paparnya.


Dengan diketahui pemerannya, polisi juga bisa mengetahui motif penyebaran video tersebut. Apakah video itu disebar oleh pihak ketiga atau justru oleh pemeran dalam video itu, bisa tergambar dengan jelas.


"Ya mudah-mudahan nanti akan terbuka terang benderang sehingga pada akhirnya nanti bisa kita ketahui siapa yang menyebarkan video tersebut," tambahnya.

Sebelumnya, polisi telah memeriksa Muhammad Farhan dan teman wanitanya, HA, terkait video mesum tersebut. Mereka diperiksa karena dikait-kaitkan dengan video mesum yang tersebar viral di media sosial.

Farhan dan HA sama-sama menyangkal. Mereka menegaskan tidak ada kaitannya dengan pemeran dalam video mesum itu. (mei/aan)