DetikNews
Sabtu 28 Oktober 2017, 19:31 WIB

Top 5 News

Sumpah Pemuda 'Jaman Now', Marquez Melempem di MotoGP Sepang

Niken Widya Yunita - detikNews
Sumpah Pemuda Jaman Now, Marquez Melempem di MotoGP Sepang Foto: 20 Detik
Jakarta - Sumpah Pemuda diperingati setiap 28 Oktober atau hari ini. Pemuda-pemuda kreatif atau 'jaman now' berkumpul di Istana Bogor, Jawa Barat.

Mereka memamerkan keahlian masing-masing bahkan berdialog dengan Presiden Jokowi. Selain itu, ada juga pameran hasil karya pemuda kreatif.

Dari dunia balapan motor, ada kejutan dari kualifikasi MotoGP Malaysia. Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, berhasil merebut pole position di saat rekan setimnya Marc Marquez cuma start ketujuh pada sesi kualifikasi yang dihelat di Sirkuit Sepang.

Marquez mengalami nasib sial di Q2 ketika dia terjatuh pada percobaan pertamanya. Crash itu dialami di tikungan terakhir menjelang akhir first flying lap-nya.

Setelah itu, Marquez agak lama berada di paddock untuk memperbaiki motornya untuk kemudian mencatatkan waktu lagi. Sayang, Marquez cuma bisa membukukan waktu satu menit 59,694 detik dan harus puas di posisi ketujuh.

Berikut Top 5 News edisi Sabtu (28/10/2017):

[Gambas:Video 20detik]


1. Sumpah Pemuda 'Jaman Now'

Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap 28 Oktober atau pada hari ini. Presiden Jokowi kemudian mengumpulkan pemuda kreatif dari seluruh Indonesia di Istana Bogor.

Berbagai profesi pemuda antara lain Paskibra, Pramuka, atlet, atlet difabel, dan pengusaha. Para pemuda 'jaman now' bahkan berdialog dengan Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi sempat berdialog dengan para pemuda. Salah satu pemuda lulusan Universitas Harvard, Adamas Belva Syah Devara meyakinkan Jokowi bahwa kaum muda tak sekadar hobi main media sosial saja.

Artikel lengkapnya bisa dilihat di sini: 'Kids Jaman Now' Ini Yakinkan Jokowi kalau Pemuda Tak 'Baperan'

2. Kualifikasi MotoGP Sepang

Kejutan terjadi di Kualifikasi MotoGP Malaysia. Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, berhasil merebut pole position di saat rekan setimnya Marc Marquez cuma start ketujuh.

Pada sesi kualifikasi yang dihelat di sirkuit Sepang, Sabtu (28/10/2017), Marquez mengalami nasib sial di Q2 ketika dia terjatuh pada percobaan pertamanya. Crash itu dialami di tikungan terakhir menjelang akhir first flying lap-nya.

Setelah itu, Marquez agak lama berada di paddock untuk memperbaiki motornya untuk kemudian mencatatkan waktu lagi. Sayang, Marquez cuma bisa membukukan waktu satu menit 59,694 detik dan harus puas di posisi ketujuh.

Berita selengkapnya dapat disimak di sini: Pedrosa Pole di Sepang, Marquez Cuma Start Ketujuh

3. Pemilik Pabrik Kembang Api Jadi Tersangka

Polisi menetapkan tiga orang tersangka terkait kasus ledakan dan kebakaran di pabrik kembang api di Kosambi, Kabupaten Tangerang. Pemilik pabrik PT Panca Buana Cahaya Sukses ikut menjadi tersangka.

Mereka ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan kelalaian yang mengakibatkan kematian orang lain dan memperkerjakan anak di pabrik. Bahkan, polisi menahan pemilik pabrik kembang api dan Direktur Operasional PT Panca Buana Cahaya Sukses, Andri Hartanto.

Korban tewas akibat ledakan pabrik kembang api kini bertambah menjadi 48 orang. Satu korban meninggal dalam perawatan di RSUD Tangerang bernama Nurhayati.

Berita selengkapnya dapat dilihat di sini: Jadi Tersangka, Pemilik dan Direktur Pabrik Kembang Api Ditahan

4. Presiden Catalonia Dipecat

Presiden Catalonia Carles Puigdemont dipecat Pemerintah Spanyol. Pemecatan dilakukan beberapa jam setelah Carles mendeklarasikan kemerdekaan Catalonia.

Carles dipecat hari ini juga karena tindakan dinilai mengakibatkan krisis politik terbesar di Spanyol selama 40 tahun terakhir.

Selain Presiden, Kepala Polisi Catalonia juga dipecat. Artikel selengkapnya bisa dilihat di sini: Presiden Catalonia Dipecat Usai Deklarasikan Kemerdekaan

5. Anies-Sandi Kepincut Motor Listrik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru pertama kali mencoba motor listrik. Dia kaget ketika ngegas motor tersebut karena tidak ada suaranya.

Motor yang dicoba Anies berwarna putih silver berpelat Nomor B 123 GM. Motor listrik tersebut disosialisasikan oleh PT PLN Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya).

Selain Anies, Wagub DKI Sandiaga Uno juga mencoba motor listrik. Berita selengkapnya bisa disimak di sini: Anies Kaget Saat Mencoba Motor Listrik, Nggak Ada Suaranya
(nwy/ega)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed