DetikNews
Sabtu 28 Oktober 2017, 14:50 WIB

Cerita Mensesneg Dihubungi AHY Sebelum Pertemuan Jokowi dan SBY

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Cerita Mensesneg Dihubungi AHY Sebelum Pertemuan Jokowi dan SBY Mensesneg Pratikno (Foto: Lamhot Aritonang)
Bogor - Pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) rupanya sudah lama direncanakan. Adalah putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang melobi agar pertemuan ini bisa terjadi.

"Mas AHY juga menghubungi saya, 'Pak, ada memungkinkan Pak Presiden pertemuan', saya bilang, 'oh iya, diatur saja'," kata Mensesneg Pratikno di Istana Bogor, Jl Ir H Juanda, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/10/2017).

Namun Pratikno mengatakan bahwa inisiator pertemuan adalah kedua pihak, yakni Jokowi dan SBY. Meski kala itu sudah dihubungi oleh AHY, tetapi sulit mencari waktu yang pas untuk melakukan pertemuan.

"Ini pertemuan yang sudah diatur cukup lama ya jadi awalnya kita sudah komunikasi tapi Pak SBY nggak bisa karena Pak SBY ke mana itu, ke Thailand, ke ASEAN, setelah itu pulang sebentar, Pak Presiden nggak ada waktu gantian, setelah itu Pak SBY pergi lagi ke Darwin," ujar Pratikno.

SBY kembali ke tanah air dari Darwin, Australia, pada Kamis (26/10). Keesokan harinya atau kemarin siang (27/10) SBY menemui Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

"Ya ini pertemuan dua pemimpin, cerita isu-isu politik, ekonomi, baik global maupun nasional, ya isu-isu," kata Pratikno.

Jokowi dan SBY memang membicarakan soal Perppu Ormas yang telah disahkan menjadi undang-undang. Namun Pratikno tak mendampingi di pertemuan itu sehingga belum mengetahui isi pertemuannya.
(bag/dkp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed