detikNews
Sabtu 28 Oktober 2017, 12:15 WIB

Sumpah Pemuda, Anies Minta Anak Muda Perkaya Bahasa Indonesia

Dwi Andayani - detikNews
Sumpah Pemuda, Anies Minta Anak Muda Perkaya Bahasa Indonesia Anies Baswedan (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpesan kepada anak muda berani menggunakan bahasa daerah. Penggunaan bahasa daerah untuk memperkaya bahasa Indonesia.

"Saya minta teman-teman jadi anak muda berani. Caranya adalah gunakan bahasa dari daerah untuk memperkaya bahasa Indonesia," ujar Anies dalam sambutannya, di Epicentrum Walk XXI, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Sabtu (28/10/2017).

Hal ini disampaikan Anies saat menghadiri peluncuran 'PKS Muda Berani'. Anies turut menyinggung semangat kepemudaan pada tahun 1928.

"Pemuda yang berkumpul dari berbagai wilayah berhasil menemukan rumus untuk persatuan yaitu kesamaan alat komunikasi, dan alatnya adalah bahasa. Kesepakatan bahasa ini banyak sekali ada 718 bahasa lebih dari 400 suku bangsa," kata Anies.

Anies di acara PKS #MudaberaniAnies di acara PKS #Mudaberani Foto: Dwi Andayani/detikcom

Anies meminta agar masyarakat tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia saja tetapi menggunakan bahasa persatuan. Yaitu dengan tidak melupakan bahasa daerah yang juga harus sama ditingkatkan.

"Kalau ada yang bilang bahasa satu bahasa persatuan tolong dikoreksi, kita tidak pernah menyepakati satu bahasa. Kita menyepakati satu bahasa persatuan bukan satu bahasa, karena kalau kita menyepakati satu bahasa, bahasa lain akan mati nanti," ujar Anies.

Anies mengatakan Indonesia harus bisa mengagungkan bahasa ke berbagai dunia. Dan bahasa harus dapat mewarnai dunia.

"Indonesia bukan menyerap dari dunia tapi bisa menggaungkan gagasan ke berbagai dunia. Kita harus bisa mewarnai dunia," ujar Anies.
(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed