detikNews
Sabtu 28 Oktober 2017, 11:30 WIB

Semarak Karnaval Budaya Pramuka saat Peringati Sumpah Pemuda

Tsarina Maharani - detikNews
Semarak Karnaval Budaya Pramuka saat Peringati Sumpah Pemuda Karnaval Budaya Pramuka pada hari Sumpah Pemuda (Foto: Tsarina/detikcom)
Jakarta - Kwartir Nasional (Kwarnas) menggelar karnaval kebudayaan dalam rangka hari Sumpah Pemuda. Karnaval diikuti oleh 66 regu Pramuka dari 33 provinsi di Indonesia.

Karnaval kebudayaan digelar di Bumi Perkemahan Cibubur, Jaktim, Sabtu (28/10/2017) diawali parade mengelilingi bumi perkemahan. Mereka berjalan sambil menyanyikan lagu daerah dan juga mempraktikkan tarian tradisionalnya.

Andalan Nasional Kwartir Ine Febriyanti yang juga bertindak sebagai juri karnaval mengapresiasi hasil kreativitas peserta. Ia turut memberikan masukan kepada para peserta.

"Sudah bagus, tapi ke depannya saya rasa perlu ada wawasan lebih lagi yang diberikan. Supaya mereka makin mengerti bagaimana caranya untuk mempresentasikan

Peserta karnaval budaya PramukaPeserta karnaval budaya Pramuka Foto: Tsarina/detikcom

Dari karnaval pakaian ini, lima indikator yang menjadi pertimbangan penilaian yaitu: kreativitas, narasi karnaval, kesesuaian tema, kekompakkan, dan bahan-bahan yang dipakai.

Sebelum karnaval kebudayaan, acara diawali dengan upacara hari Sumpah Pemuda. Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault bertindak sebagai inspektur upacara.

"Sumpah Pemuda jangan hanya jadi ucapan semata, tapi jelmakan menjadi karya nyata," ucap Adhyaksa dalam sambutannya.
(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed