detikNews
Sabtu 28 Oktober 2017, 10:46 WIB

Pimpin Upacara, Adhyaksa: Sumpah Pemuda Jangan Jadi Ucapan Semata

Tsarina Maharani - detikNews
Pimpin Upacara, Adhyaksa: Sumpah Pemuda Jangan Jadi Ucapan Semata Adhyaksa pimpin upacara Sumpah Pemuda (Foto: Tsarina/detikcom)
Jakarta - Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menggelar Upacara Sumpah Pemuda 28 Oktober. Dipimpin oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault, ia berharap Peringatan Sumpah Pemuda dapat direalisasikan dalam kegiatan nyata.

"Sumpah Pemuda jangan hanya jadi ucapan semata, tapi jelmakan menjadi karya nyata," ucap Adhyaksa dalam sambutannya di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (28/10/2017).

Sebagai gerakan kepanduan yang telah dirintis sejak 1912, Adhyaksa menyatakan bahwa Pramuka telah memberikan kontribusi baik bagi bangsa Indonesia, bahkan turut andil dalam Kongres Sumpah Pemuda. Ia juga berpandangan bahwa Gerakan Pramuka merupakan sebuah wadah yang mampu menciptakan generasi emas bangsa.

"Gerakan Pramuka ini gerakan pendidikan non-formal yang dapat memberikan kontribusi dan akan melahirkan pemuda berkualitas yang berjiwa nasionalis-religius, patriotik, jujur, disiplin, peduli, cakap sebagai generasi penerus masa depan bangsa," tutur Adhayksa.

Namun menurut Adhyaksa saat ini pemerintah belum serius dalam mendorong Gerakan Pramuka. Padahal seperti yang telah disebutkan, Pramuka memiliki peran penting dalam pembangunan karakter anak bangsa.

"Kita siapkan calon pemimpin bangsa masa depan, meskipun sumber daya yang diperoleh dari negara untuk gerakan pendidikan ini sangat minimal. Tapi walaupun sangat minimal dari negara, untuk negara khususnya nasional, tekad dan semangat kita tetap konsisten untuk mendidik calon-calon pemimpin bangsa melalui gerakan Pramuka," tegasnya.
(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed