Datangi Lokasi, Anggota DPR Minta Kasus Pabrik Meledak Diusut Tuntas

Faiq Hidayat - detikNews
Jumat, 27 Okt 2017 12:24 WIB
Anggota Komisi III DPR Irjen (Purn) Eddy Kusuma Wijaya (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)
Tangerang - Anggota Komisi III DPR Irjen (Purn) Eddy Kusuma Wijaya mendatangi lokasi pabrik kembang api yang meledak dan menewaskan 47 orang. Dia mengkritisi lokasi pabrik ini.

Eddy datang ke pabrik kembang api di Jalan Salembaran Raya, Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (27/10/2017) sekitar pukul 11.40 WIB.

[Gambas:Video 20detik]


Dia langsung masuk ke dalam mengamati lokasi dan keluar sekitar 5 menit kemudian. Dia lalu mengkritisi keberadaan pabrik ini.

"Saya mengimbau pemerintah daerah untuk pabrik semacam ini sudah ada aturannya. Pabrik yang menggunakan bahan peledak, mudah terbakar, dan lain-lain harus ada rencana matang," ujarnya.
Anggota Komisi III DPR Irjen (Purn) Eddy Kusuma WijayaAnggota Komisi III DPR Irjen (Purn) Eddy Kusuma Wijaya (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)

Dia meminta agar kasus ini ditangani tuntas oleh polisi. Pemerintah daerah juga diminta introspeksi agar hal sama tidak terulang ke depan.

"Ambil langkah-langkah perbaikan ke depan. Korban sudah banyak dan sangat mengerikan," kata politikus PDIP ini.

Eddy mengatakan, dirinya juga sempat menanyakan perizinan pabrik ini ke polisi. "Nah saya tanya Kapolsek pun belum tahu sudah ada izinnya atau belum. Ini masih proses penyidikan sekarang," ujarnya.

Dia juga meminta agar informasi soal manajemen pabrik ini mempekerjakan sejumlah anak diusut tuntas. Pihak RSUD Kabupaten Tangerang menyebut salah satu korban bernama Fatimah masih berusia 15 tahun. Kondisinya kritis karena mengalami luka bakar 60 persen.

"Dia (Siti Fatimah) kerja di sana. Baru dua minggu,"ujar pejabat Humas RSUD Kabupaten Tangerang, Yudi Firmansyah, kepada wartawan, Jumat (27/10/2017). (fai/hri)