Cerita Fadli Zon yang Koleksi 1.000 Keris

Hary Lukita Wardani - detikNews
Jumat, 27 Okt 2017 03:07 WIB
Fadli Zon dan koleksi kerisnya (Foto: Hary Lukita/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menceritakan kegemarannya mengoleksi barang antik seperti keris. Fadli mengaku, selalu membawa keris di dalam mobilnya. Bagaimana ceritanya?

"Ya saya setiap hari di mobil saya selalu bawa keris, selalu. Sudah dari dahulu sebelum jadi anggota DPR itu selalu bawa keris," ujar Fadli.

Hal ini disampaikan Fadli dalam acara pameran keris di gedung DPR, Senayan, Jakpus, Kamis (26/10). Waketum Gerindra ini menuturkan, dirinya sudah lama mengoleksi keris dan jumlahnya mencapai 1.000.

"Saya sudah lama 20 tahun (koleksi keris). Ada 1.000 (keris) lah," kata Fadli.

Fadli Zon dan koleksi kerisnyaFadli Zon dan koleksi kerisnya Foto: Hary Lukita/detikcom

Keris yang selalu dibawanya adalah keris pusaka Pamor Junjung Drajat. Menurutnya, dalam perjalanan, ia gemar memandangi keris kesayangannya itu.

"Ya kadang kala iseng saya lihat (keris Junjung Drajat). Ya adalah (isinya) masa nggak ada isinya, isinya ya itu besi, baja ya keris. Junjung Drajat kalau saya bawa di mobil," urai Fadli.

Harga keris koleksi Fadli pun beragam. Dari Rp 200 ribu hingga Rp 15 juta.

Fadli Zon di pameran keris DPRFadli Zon di pameran keris DPR Foto: Hary Lukita/detikcom

"Saya juga belinya lebih ke bentuk edukasi yang dipamerkan itu ada yang saya beli cuma Rp 200 ribu ada, Rp 300 ribu. Temuan dari kali, kaya sungai saya beli. Ada yang harganya sejuta, Rp 5 juta, ada yang Rp 10 juta, Rp 15 juta. Tergantunglah," ungkapnya.

Lantas, bagaimana cara merawat koleksi kerisnya? "Ya perawatannya sederhana. Perawatannya itu dibersihkan, diminyaki," ujar Fadli. (lkw/dkp)