DetikNews
Kamis 26 Oktober 2017, 15:48 WIB

SMA Taruna Nusantara Diusulkan Dibuka di Berbagai Daerah

Mega Putra Ratya - detikNews
SMA Taruna Nusantara Diusulkan Dibuka di Berbagai Daerah Foto: Dok MPR
Magelang - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengusulkan pendirian SMA Taruna Nusantara di berbagai daerah. Menurutnya sekolah tersebut memiliki konsep dan program-program yang bagus dan tidak dimiliki sekolah pada umumnya.

"Sekolah ini (SMA Taruna Nusantara) memiliki gagasan, konsep, dan program yang bagus. Saya minta untuk mendirikan SMA Taruna Nusantara di daerah lain," kata Zulkifli Hasan dalam keterangan tertulis, Kamis (26/10/2017).

Zulkifli mengatakan itu saat membuka Pameran Seni dan Budaya Nusantara (Pandara) 2017 di SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah, hari ini.

Dalam sambutannya, Zulkifli meminta para siswa untuk menjadi bagian dari warga dunia dengan kemampuan jaringan, kreativitas dan inovasi yang tinggi dalam persaingan internasional. Namun, ia juga mengimbau agar para siswa tetap menanamkan kebanggaan terhadap budaya daerahnya.

"Bangga dengan budaya daerah masing-masing menjadi basis utama. Tetapi menjadi warga dunia yang mempunyai jaringan, ilmu, memiliki daya saing, produktivitas yang tinggi, melahirkan kreativitas dan inovasi juga penting supaya unggul dalam persaingan dunia," ujar Zulkifli.

Ia juga berpesan, selain bangga terhadap daerah, pemuda juga harus bangga sebagai bangsa. Mengingat perjuangan para pendiri negeri merupakan salah satu cara untuk memupuk kebanggaan sebagai bangsa.

"Indonesia lahir melalui perjuangan yang mengorbankan daerah dan air mata. Dengan mengetahui perjuangan pendiri negeri kita akan semakin mencintai negeri dan bangsa," ungkap Zulkifli.
(ega/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed