DetikNews
Kamis 26 Oktober 2017, 14:18 WIB

3 Parpol Tolak UU Ormas, Try Sutrisno: Sudah Lewat Musyawarah

Faiq Hidayat - detikNews
3 Parpol Tolak UU Ormas, Try Sutrisno: Sudah Lewat Musyawarah Wapres ke-6 RI Try Sutrisno (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Tiga parpol, yakni PAN, PKS, dan Gerindra, menolak Perppu Ormas, yang telah disahkan menjadi UU. Menurut wapres ke-6 RI Try Sutrisno, tak ada yang mulus dalam berdemokrasi.

"Itu demokrasi tidak mungkin mulus, gagal itu risiko. Tapi kemarin berhasil kan sudah dibicarakan ngomong semua, akhirnya keputusan 3 (parpol) tidak setuju, yang lain 7 (parpol) setuju, selesai kan?" ujar Try Sutrisno saat memberi kuliah umum tentang kebangsaan di kantor PARA Syndicate, Jalan Wijaya Timur 3, Jakarta, Kamis (26/10/2017).

Menurut Try, semua pihak harus menghormati keputusan atas Perppu Ormas itu. Kata dia, setelah Perppu Ormas disahkan menjadi undang-undang, tidak boleh ada oposisi dalam parlemen.

"Sudah lewat diskusi dan lewat musyawarah, semua harus menjunjung keputusan itu Pancasila. Jangan setelah musyawarah menjadi oposisi, tidak benar itu ada istilah oposisi. Itu dikhawatirkan oposisi tidak ada dalam dunia Pancasila," kata Try.

Selain itu, Try meminta ormas tidak berlawanan dengan NKRI dan Pancasila setelah ada keputusan tersebut. Seharusnya, lanjut dia, seluruh pihak mendukung perppu itu menjadi UU.

"Setelah diterima, semua harus mendukung, jangan ada lagi ormas coba-coba, bibit-bibit anti-NKRI, apalagi menghancurkan NKRI dan Pancasila," kata anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) ini.

Diberitakan sebelumnya, 7 fraksi di DPR setuju Perppu Nomor 2/2017 disahkan menjadi undang-undang. Sedangkan 3 parpol sepakat menolak Perppu Ormas. Ketiga fraksi itu adalah Gerindra, PKS, dan PAN. Sejak awal, tiga fraksi tersebut tegas menolak Perppu Ormas, yang jadi landasan dibubarkannya HTI.
(fai/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed