Jokowi: Waduk Ciawi dan Sukamahi Segera Dikerjakan

ADVERTISEMENT

Jokowi: Waduk Ciawi dan Sukamahi Segera Dikerjakan

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 26 Okt 2017 14:07 WIB
Ilustrasi Presiden Jokowi meninjau waduk. (dok. Setpres)
Jakarta - Proyek Waduk Ciawi dan Sukamahi di Kabupaten Bogor digulirkan untuk mencegah banjir kiriman masuk ke Ibu Kota. Proyek ini juga dibicarakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

"Berkaitan dengan Waduk Ciawi dan Sukamahi, itu juga. Tapi itu pemerintah pusat," kata Jokowi di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2017).

Proyek dua waduk itu semula hendak dikerjakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Namun, sejak Mei lalu, diketahui proyek itu diambil alih pemerintah pusat. Proyek akan segera digarap.

"Akan segera kita kerjakan, sehingga air yang berasal dari atas itu bisa kita cegat dulu di waduk itu," kata Jokowi.

Pembangunan Waduk Sukamahi sejatinya sudah direncanakan sejak dulu, pada 1990-an. Namun rencana pembangunannya saat itu terkendala pembebasan lahan. Warga yang rumahnya direncanakan terkena proyek waduk tersebut menolak ganti rugi yang ditawarkan pemerintah.

Rencana itu pun mencuat kembali saat Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta. "Itu sudah program lama, tapi dulu mau dikerjakan oleh DKI waktu saya gubernur, kemudian berpindah, kita ambil alih, ini pusat kita yang kerjakan," kata Jokowi. (dnu/hri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT