Anggaran Gedung Baru DPR Rp 320 M, akan Dibangun Tahun Depan

Hary Lukita Wardani - detikNews
Kamis, 26 Okt 2017 11:29 WIB
Gedung DPR (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - DPR mendapatkan anggaran sebesar Rp 601 miliar untuk penataan kawasan parlemen dalam APBN 2018. Sebesar Rp 320,44 miliar di antaranya akan digunakan untuk pembangunan gedung baru.

Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Hasrul Azwar mengatakan pembangunan gedung baru DPR dapat dieksekusi tahun depan. Sebab, anggaran sudah disahkan dalam paripurna kemarin (25/10).

"Iya (pembangunan tahun depan), ini kan sudah mau berakhir (tahunnya). Anggaran baru disahkan kemarin," ujar Hasrul saat dihubungi, Kamis (26/10/2017).

Rencananya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menggarap pembangunan gedung baru tersebut. Namun Hasrul menyerahkan hal itu kepada Kesetjenan DPR untuk persoalan teknis.

"Persoalan siapa yang melakukan pekerjaan itu, bagaimana teknisnya, yang penting gambarnya sudah ada saja, kami serahkan kepada Kesetjenan untuk memproses sesuai dengan peraturan yang ada," jelasnya.

"Ya kan sudah ada di APBN ya, untuk membangun gedung sekitar Rp 600 miliar. Jadi itu kami serahkan kepada teknis," kata Hasrul.

Hasrul belum tahu lokasi rencana pembangunan gedung baru di kompleks parlemen. Ia memperkirakan akan dibangun di sekitar parkir sepeda motor.

"Ya kami akan bangun gedung baru, masih dicari tempatnya. Ya mungkin dekat parkir sepeda motor mungkin ya. Mungkin di situ," imbuhnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Jazilul Fawaid menyebut anggaran pembangunan gedung baru berada dalam anggaran Rp 5,7 triliun DPR. Pembangunan gedung baru termasuk program penataan kawasan parlemen yang memakan dana Rp 601 miliar.

"Iya, bagian dari Rp 5,7 T, salah satunya pembangunan gedung. Cuma, kalau di Banggar, cuma bicara besarannya saja yang diusulkan. Sebab, yang disebut dengan RAPBN itu dibuat oleh pemerintah. Tugas DPR memberikan persetujuan, membahas, dan memberikan persetujuan," jelas Jazilul.

Pada Agustus lalu, Ketua BURT DPR Anton Sihombing menerangkan jumlah anggaran untuk gedung baru DPR. "Dananya itu Rp 320,44 miliar kalau untuk gedung," ujar Anton di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8). (lkw/dkp)