DetikNews
Kamis 26 Oktober 2017, 11:35 WIB

Jokowi: Kalau UU Ormas Mau Direvisi, Silakan

Danu Damarjati - detikNews
Jokowi: Kalau UU Ormas Mau Direvisi, Silakan Presiden Jokowi tak mempersoalkan jika UU Ormas direvisi (Dikhy Sasra/detikcom)
Jakarta - Lima fraksi di DPR mendukung adanya revisi UU tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku terbuka akan usulan tersebut.

Jokowi tak mempersoalkan apabila ada pasal yang ingin disempurnakan lagi. "Ada yang belum baik, ada yang masih perlu diperbaiki, ada yang perlu direvisi, silakan," ujar Jokowi di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2017).

"Ya, kami terbuka. Kalau masih ada yang belum baik ya harus diperbaiki," lanjut Jokowi.


"Yang pertama, Perppu Ormas sudah disahkan oleh DPR dengan mayoritas mutlak. Artinya, dukungan penuh terhadap perppu ini sudah jelas," kata Jokowi.

UU Ormas adalah produk pengesahan DPR dari Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Ormas bikinan Jokowi. Sejumlah fraksi partai di DPR hendak merevisi UU itu, seperti Gerindra, PAN, PPP, PKB, dan Golkar.

"Yang kedua, kalau ada yang ingin direvisi ya silakan. Itu tahapan berikutnya, bisa dimasukkan ke dalam Prolegnas (Program Legislasi Nasional)," kata Jokowi.

Namun Jokowi menegaskan UU Ormas telah disepakati oleh mayoritas fraksi di DPR. Artinya, dukungan terhadap UU Ormas sudah jelas.

"Yang pertama, Perppu Ormas sudah disahkan oleh DPR dengan mayoritas mutlak. Artinya, dukungan penuh terhadap perppu ini sudah jelas," ujar Jokowi.
(dnu/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed