DetikNews
Rabu 25 Oktober 2017, 11:15 WIB

Tsamara Amany Temui Ganjar Pranowo Semalam, Dukung Pilgub?

Niken Widya Yunita - detikNews
Tsamara Amany Temui Ganjar Pranowo Semalam, Dukung Pilgub? Tsamara Amany Temui Ganjar Pranowo (Dok. Pemprov Jateng)
Semarang - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany Alatas menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di rumah dinas Puri Gedeh, Semarang, Selasa (24/10/2017) malam. Pertemuan yang dilakukan menjelang Pemilihan Gubernur Jateng 2018 itu menimbulkan pertanyaan.

Apakah PSI bermanuver mendukung Ganjar dalam pemilihan tahun depan? Tsamara, yang mengenakan kemeja biru tua dipadu jins hitam, tiba di Puri Gedeh sekitar pukul 19.00 WIB. Ia harus menunggu sebentar karena pesawat yang ditumpangi Ganjar baru tiba dari Jakarta 15 menit kemudian.

Begitu datang, Ganjar langsung mengajak tamunya menuju ruang tamu. Keduanya berbincang empat mata selama satu jam.

Kepada wartawan seusai pertemuan, Tsamara mengatakan hanya mampir karena kebetulan dirinya akan mengisi diskusi publik di Universitas Diponegoro pada Rabu (25/10). "Besok (hari ini) saya di Undip, sengaja datang lebih awal untuk jalan-jalan dulu. Kebetulan saya kontak Pak Ganjar ternyata beliau ada waktu ya sudah saya ke sini," kata Tsamara dalam keterangan tertulis dari Pemprov Jateng, Rabu (25/10/2017).

Perempuan kelahiran 24 Juni 1996 itu menceritakan, selama perbincangan, mereka lebih banyak mengupas soal pemerintahan bersih dan peran anak muda dalam politik. Tsamara mengaku senang atas pandangan-pandangan Ganjar yang terbuka pada partisipasi aktif anak muda.

"Saya melihat bagaimana Pak Ganjar berkomunikasi dengan anak muda. Beliau mengakomodasi pandangan anak muda yang selama ini kurang terwadahi dalam politik. Saya pikir memang itu yang seharusnya dilakukan kepala daerah untuk mendorong peran anak dalam pembangunan dan politik," ujarnya.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina ini juga mengaku sempat menyinggung kondisi politik Jateng menjelang kontestasi Pilkada Jateng 2018. Namun bukan dalam hal dukung-mendukung pilkada, melainkan lebih pada soal partisipasi publik.

Dari cerita Ganjar, Tsamara mendapat kesan bahwa masyarakat Jateng sangat kondusif dan diyakini mampu melalui pilkada dengan damai.

Menurutnya, hal itu tidak lepas dari kepemimpinan Ganjar. Sebagai gubernur yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat, Ganjar mampu menerapkan pola komunikasi dan koordinasi yang baik serta diterima seluruh kalangan.

"Memang intinya pada komunikasi, Pak Ganjar juga salah satu gubernur yang berani berinovasi. Saya yakin beliau akan sukses ke depan," tegasnya.

Ganjar akan kembali maju untuk bertarung dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018. Ganjar saat ini juga telah mendaftarkan diri di DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah. Namun hingga kini, Ketum PDIP Megawati belum mengumumkan secara resmi cagub Jateng dari partainya.
(nwy/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed