Anies akan Tertibkan PKL Penyebab Macet di Tanah Abang

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Selasa, 24 Okt 2017 18:52 WIB
PKL Tanah Abang yang mengganggu hak pejalan kaki dan menyebabkan kemacetan. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan segera menertibkan pedagang kaki lima di kawasan Tanah Abang. PKL di kawasan tersebut kerap mengganggu hak pejalan kaki dan menyebabkan kemacetan.

"Pokoknya semua kita tertibkan lagi," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2017).

Anies mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menertibkan PKL di kawasan Tanah Abang. Tapi Anies mengaku belum merumuskan teknis penertiban tersebut.

"Nanti caranya kita bicarakan (dengan Satpol PP)," terangnya.

Trotoar di Tanah Abang masih ruwet oleh banyaknya PKL yang berjualan. Trotoar makin terasa sumpek akibat banyaknya parkir liar di sekitar trotoar.

Pedagang kaki lima dan parkir liar menguasai trotoar dan pinggir jalan. Lalu lintas di jalan sekitar trotoar pun menjadi macet dan penuh sesak.

Di beberapa sudut, ada petugas Satpol PP yang berjaga. Namun keberadaan petugas tersebut tak mempengaruhi pedagang yang berjualan.

"Ini sangat mengganggu, ya. Apalagi kalau musim hujan, kita kan suka menunggu di sini. Jadi sempit. Apalagi banyak ojek ngetem di sini, bikin macet," ujar salah seorang warga, Yal Tanjun (45). (fdu/nvl)