DetikNews
Selasa 24 Oktober 2017, 18:32 WIB

Menteri Basuki Sidak Proyek Drainase Istana

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Menteri Basuki Sidak Proyek Drainase Istana Foto: Proyek drainase di istana (Opik-detikcom)
Jakarta - Usai menghadiri acara Presiden Jokowi di Istana Negara, Menteri Basuki langsung menuju parkirnya. Tetapi Menteri Basuki mengurungkan niatnya naik mobil.

Dia memilih melihat proyek drainase di Kompleks Istana yang sedang dikerjakan. Pengerjaan drainase ini telah berlangsung sejak Agustus 2017 dan tahap pekerjaanya telah mencapai 30 persen.

Awalnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR) Basuki Hadimuljono hendak meninggalkan Istana, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2017). Namun hal itu diurungkannya dan langsung menuju ke wilayah pengerjaan drainase.

Pengerjaan ini dilakukan oleh Kementerian PU bekerja sama dengan PT Brantas Abipraya. Saat tiba di lokasi proyek pengerjaan, Basuki langsung mencari pengawas proyek.

 Menteri Basuki Sidak Proyek Drainase IstanaFoto: Proyek drainase di istana (Opik-detikcom)


Tidak berapa lama, seseorang yang bernama Koko Wibowo datang dan menjumpai Basuki. Koko langsung menjelaskan soal proyek drainase ini. Proyek pembangunan dan perbaikan drainase di lingkungan Istana Kepresidenan menelan biaya Rp 44 miliar. Pengerjaan drainase ini untuk mencegah Istana kebanjiran.

"Nilainya Rp 44 miliar pak dan akan selesai pada akhir tahun ini," kata pekerja, Koko kepada Basuki.

Koko juga mengatakan bahwa salah satu kendala dalam pengerjaan proyek ini adalah jadwal kerja yang harus disesuaikan dengan agenda kenegaraan.

"Acara kenegaraan yang kita harus mengikuti polanya," ucapnya.

Sementara itu, Basuki menyebut bahwa drainase yang akan selesai ini nantinya akan mencegah lingkungan istana dari banjir saat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Jakarta.

"Ini kan sering banjir. Jadi drainasenya diperbesar dan ada pompanya sehingga bisa dipompa," ucapnya.



(fiq/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed